Tips Membeli Besi Beton Berkualitas Baik

Saturday, 19 August 2017

Tips Membeli Besi Beton Berkualitas Baik

Selain itu besi beton juga sangat menentukan kekuatan struktur beton bertulang, karena itu kita harus memilih produk besi beton yang berkualitas. Berikut ini Informasi Bahan Bangunan akan menyajikan tips untuk membeli besi beton yang berkualitas, antara lain :
  1. Pilihlah merek-merek yang sudah ternama dan terjamin kualitasnya seperti Besi beton Krakatau Steel (KS), Master steel (MS), dan Cakratunggal Steel (CS). Jika menggunakan merek yang belum terkenal, untuk proyek besar dapat dilakukan pengecekan diameter dan uji tarik untuk menguji kekuatannya, serta meminta sertifikat dari produsen besi beton tersebut.

  2. Pilihlah besi beton yang tidak berkarat / korosi.
  3. Untuk menjamin kekuatan struktur bangunan anda sesuai dengan perencanaan pastikan bahwa besi beton yang dibeli berukuran full diameternya, sesuai dengan ukuran, misalnya besi 10 mm maka kalau diukur dengan jangka sorong ya pas 10 mm, atau kalau ada toleransi juga paling banyak 0,2 mm. Usahakan jangan menggunakan besi dengan toleransi yang tidak masuk akal atau besi banci, misal besi 8 kurus diameter sesungguhnya mungkin hanya 6 mm.
  4. Untuk panjang besi beton standart adalah 12 m, tetapi di pasaran banyak juga beredar besi beton dengan panjang kurang dari 12 m, misalnya 11,5 m, 11,2 m, dan lain-lain. Pastikan besi beton yang kita beli berukuran panjang standart 12 m.
  5. Karena banyaknya faktor yang mempengaruhi harga besi beton seperti mereknya, ukuran diameternya sesuai atau tidak (full atau banci), dan panjangnya standart atau tidak, serta ongkos kirimnya ke lokasi proyek maka dalam membandingkan harga toko atau supplier besi beton kita harus apple to apple, bandingkan harga besi beton dengan merek dan diameter besi beton yang sama agar kita tidak tertipu harga yang murah tetapi dengan kualitas tidak sama
  6. Tips keeman yang bisa Anda terapkan untuk memilih beton berkualitas dapat dilihat melalui jenisnya. Pada umumnya ada dua bentuk jenis dari besi beton yang seringkali digunakan, diantaranya adalah jenis besi beton ulir serta beton polos. Untuk beton ulir biasanya memiliki sirip, sedangkan pada beton polos hanya memiliki bentuk licin dengan permukaanya yang polos saja. Untuk beton ulir biasanya sulit untuk dibentuk, contohnya ketika hendak dibengkokkan. Hal ini berkaitan dengan teganggannya yang cukup tinggi berbeda halnya dengan beton polos yang cenderung lebih mudah untuk dibentuk. Dari hal tersebut tentunya Anda dapat melihat jenis beton mana yang lebih baik dan memiliki kualitas tinggi untuk digunakan. Sedangkan dari segi harga memang sudah menjadi rahasia umum jika kualitas barang ditentukan berdasarkan harga yang dimilikinya. Karena melalui harga biasanya dapat dengan mudah menilai bagaimana kualitas dari beton tersebut. Hal ini juga berkaitan dengan harga besi beton yang mahal dan memiliki kualitas tinggi dibandingkan dengan beton biasa lainnya. Namun tidak menutup kemungkinan pula untuk jenis beton dengan harga yang murah tapi memilki kualitas yang bagus. Karena itulah memilih beton sebaiknya perhatikan antara bentuk, kualitas dan harga dengan lebih teliti. Karena ungkapan harga tinggi untuk barang berkualitas itu tidak sepenuhnya berlaku dalam bidang bahan bangunan.


Tag : bahan bangunan, cat, besi, semen, Kalteng, Sampit, beton, Kotim, proyek bangunan, supplier bangunan, handtools, hardware, galvanum, baja ringan, safety, rumah idaman, besi beton, keramik, dll.