Toko bahan bangunan*PT. Samudra Mas Kalimantan*Sampit-Kotim-Kalteng

Kategori
Pencarian

  Kritik&Saran

AIR COMPRESSOR
BATH AND KITCHEN
BESI DAN GALVALUM
BOLT AND NUT
BUILDING MATERIAL
FIRE EQUIPMENTS
GARDEN TOOLS
HAND TOOLS
HARDWARE
HOUSEWARE
LIFTING EQUIPMENTS
LIGHTING & ELECTRICAL
PAINT AND SUNDRIES
PLUMBING
POWERTOOLS & ACCES
SAFETY EQUIPMENTS
WELDING EQUIPMENTS
CERAMICS
PAINTS
ALUMUNIUM & ACCES

Artikel

 10 Cara Ini Ternyata Ampuh Meningkatkan Daya Tahan Tubuh (KOTIM)

10 Cara Ini Ternyata Ampuh Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 

Cara utama untuk melindungi diri dari penyakit adalah dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Daya tahan tubuh atau sistem imunitas merupakan benteng pertahanan pertama dari berbagai kuman penyebab infeksi. Bila daya tahan tubuh Anda kuat, kuman yang berusaha menyerang akan dapat dikalahkan sehingga tubuh terhindar dari infeksi dan Anda pun tidak jadi sakit.

Dalam situs Good Doctor dijelaskan bahwa imunitas bekerja dalam sebuah sistem dan tidak berdiri sendiri. Agar sistem kekebalan tubuh Anda dapat bekerja dengan baik dan maksimal, Anda perlu melakukan serangkaian tindakan secara rutin dan berkelanjutan. Upaya yang konsisten akan menghasilkan daya tahan tubuh yang kuat sehingga Anda tidak mudah terkena penyakit.

10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Biasanya, memasuki musim baru, kasus penyakit menjadi lebih banyak dari biasanya. Bila daya tahan tubuh menurun saat pergantian musim, Anda pun jadi rentan terserang penyakit. Jangan biarkan itu terjadi! Ayo, lakukan berbagai cara meningkatkan daya tahan tubuh yang dapat Anda praktikkan sehari-hari.

1.    Konsumsi makanan bergizi seimbang

Asupan bergizi seimbang berarti makanan yang kandungan gizinya sesuai dengan kebutuhan seseorang. Sumber gizi terdapat di berbagai jenis makanan. Karena itu, semakin beragam jenis makanan yang Anda konsumsi, semakin banyak juga jenis nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda. Misalnya, makan buah dan sayur untuk mendapatkan asupan vitamin dan mineral; makan nasi atau gandum untuk mendapatkan karbohidrat, makan daging dan kacang-kacangan untuk mendapatkan asupan protein.

2.    Perbanyak konsumsi vitamin C

Vitamin C memiliki fungsi penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Memasuki pergantian musim, pastikan Anda mengonsumsi lebih banyak makanan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Selain terdapat di buah-buahan seperti jeruk, jambu, kiwi, dan buah beri, vitamin C juga ada di sayuran seperti bayam, brokoli, paprika, dan tomat. Bila perlu, Anda dapat menambah asupan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen vitamin C.

3.    Istirahat cukup

Tahukah Anda? Tidur cukup setiap hari sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan bergizi. Dalam situs Kompas dijelaskan bahwa tidur yang nyenyak atau berkualitas dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dalam kondisi prima; sehingga siap melawan patogen penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Ini karena saat Anda tidur, sistem imun tubuh mengeluarkan zat yang bernama sitokin, yang dapat meningkatkan kualitas tidur serta diperlukan ketika terjadi infeksi atau peradangan.

Sebaliknya, saat Anda kurang tidur, produksi sitokin dan sel T di tubuh berkurang. Dikutip dari situs Halodoc, sel T adalah kelompok sel kekebalan tubuh yang berperan penting dalam melawan virus. Itu sebabnya, kurang tidur disebut dapat menurunkan daya tahan tubuh dan membuat Anda rentan sakit. Karena itu, pastikan Anda selalu memenuhi kebutuhan istirahat harian, yaitu tidur minimal 7 jam setiap malam.

4.    Kelola stres

Stres juga bisa menjadi sumber penyakit, terutama bila berlebihan dan tidak terkontrol. Saat Anda stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol. Peningkatan kortisol akibat stres yang berkepanjangan dapat menurunkan daya tahan tubuh. Waspadalah bila Anda merasa sedang stres berat atau terserang gangguan kecemasan dan depresi.

Kelola tingkat stres dengan mengetahui hal-hal atau tindakan apa yang dapat membuat suasana hati Anda menjadi positif. Miliki tips ampuh mengelola stres agar produksi kortisol tidak meningkat. Contoh cara mengelola stres yaitu memiliki hobi, berolahraga, bertemu dengan teman, mengeluarkan unek-unek, melakukan perawatan diri, dan sebagainya.

5.    Rajin berolahraga

Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lain adalah dengan berolahraga secara rutin. Aktivitas ini menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan, seperti mencegah obesitas, melindungi diri dari risiko penyakit kardiovaskular, dan menekan risiko osteoporosis (keropos tulang).

Dalam situs Halodoc dijelaskan, olahraga dapat merangsang kerja antibodi dan sel-sel darah putih, yaitu sel kekebalan tubuh yang berfungsi melawan berbagai kuman penyebab penyakit. Berkat olahraga, sel darah putih dapat bersirkulasi lebih lancar sehingga lebih cepat mendeteksi keberadaan penyakit.

Manfaat lain berolahraga adalah membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru dan saluran pernapasan. Ini yang membuat orang yang rajin berolahraga tidak mudah terkena flu atau penyakit pernapasan lainnya.

Selain itu, rajin berolahraga berdampak positif bagi kesehatan mental karena olahraga terbukti dapat meringankan stres, memperbaiki suasana hati, meningkatkan rasa percaya diri, hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Sediakan waktu untuk berolahraga setiap hari selama minimal 30 menit.

6.    Menghindari rokok

Kebiasaan merokok dapat merugikan kesehatan. Di dalam rokok terdapat ribuan zat beracun yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Dalam situs Alodokter disebutkan bahwa perokok berisiko tinggi mengalami infeksi paru seperti bronkitis dan pneumonia.

Namun, asap rokok juga berbahaya bagi orang-orang tidak merokok yang menghirupnya. Karena itu, salah satu cara menjaga atau meningkatkan daya tahan tubuh adalah menghindari perokok agar Anda terhindar dari menghirup asap rokok.

7.    Rajin cuci tangan

Sejak dulu, imbauan rajin cuci tangan menggunakan sabun sudah gencar disebarkan. Bukan hanya saat sebelum dan sesudah makan, mencuci tangan pakai sabun perlu dilakukan pada berbagai kesempatan berikut:

  • Usai menggunakan toilet.
  • Setelah memegang hewan.
  • Berada di dekat orang yang batuk atau pilek.
  • Usai menggunakan moda transportasi umum.

Langkah ini penting untuk melindungi diri dari penularan kuman penyebab penyakit. Rajin mencuci tangan dengan sabun akan mengoptimalkan upaya yang sudah Anda lakukan dalam menjaga atau meningkatkan daya tahan tubuh.

Gunakan sabun yang dapat memberikan perlindungan secara total dan menyeluruh pada kulit. Sabun cuci tangan Lifebuoy dilengkapi kandungan antibakteri yang dapat melindungi Anda dari 10 kuman penyebab masalah kesehatan yang berevolusi semakin kuat.

8.    Jaga kebersihan diri

Tubuh yang bersih bukan hanya baik bagi penampilan. Lebih dari itu, menjaga kebersihan diri akan membawa manfaat yang sangat besar bagi kesehatan Anda. Menjaga kebersihan diri berarti rajin membersihkan diri alias mandi, menggosok gigi, mencuci rambut, mencuci tangan, serta mengganti pakaian. Dengan menjaga kebersihan diri, Anda mengurangi risiko penularan penyakit dari orang lain, baik melalui kontak langsung atau secara tidak langsung.

Jaga kebersihan diri dengan menggunakan produk pembersih diri yang mumpuni. Misalnya, gunakan sabun cair dan sabun batang Lifebuoy yang dilengkapi kandungan antibakteri untuk memberikan perlindungan terhadap kuman sekaligus wangi yang istimewa.

9.    Berjemur

Salah satu nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah vitamin D. Dalam situs Kompas, dosen Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Solo, Dr. dr. Prasetyadi Mawardi SpKK (K) mengatakan, berjemur di bawah sinar matahari dapat bermanfaat bagi kekebalan tubuh bila dilakukan dengan tepat.

Ia menyarankan masyarakat agar berjemur pada pukul 08.00-09.00 WIB atau 11.00-13.00 WIB untuk meningkatkan produksi vitamin D di tubuh. Anda cukup berjemur selama 10-15 menit saja per sesi, sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

10.    Jaga kebersihan lingkungan

Kondisi kebersihan seseorang dapat menentukan besar atau kecilnya risiko Anda terpapar kuman penyebab infeksi. Dalam situs Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dijelaskan, paparan terhadap mikroorganisme di lingkungan tempat tinggal Anda juga ikut membentuk pola perkembangan respons imun Anda, yang diduga mempengaruhi kerentanan Anda terhadap penyakit infeksi dan metabolik.

Tempat tinggal dengan sanitasi yang buruk dapat memberi peluang tumbuhnya beragam mikroorganisme dibandingkan tempat tinggal yang sanitasinya baik. Jaga kebersihan lingkungan tempat tinggal Anda untuk menurunkan risiko terpapar kuman penyebab infeksi.

Pelihara Kebersihan Diri, Jaga Daya Tahan Tubuh

Selain sudah menjadi rutinitas, memelihara kebersihan diri atau personal hygiene adalah suatu kewajiban untuk memperoleh kesejahteraan fisik maupun psikis yang optimal. Tubuh yang bersih memang akan membuat Anda merasa nyaman. Dalam situs Hellosehat disebutkan tiga alasan setiap orang perlu menjaga kebersihan diri:

1.    Alasan kesehatan

Tingkat kebersihan diri yang buruk akan memperbesar risiko Anda untuk tertular kuman penyebab penyakit infeksi. Dengan rajin menjaga kebersihan diri, Anda otomatis mengurangi risiko penularan kuman.

2.    Alasan sosial

Menjaga kebersihan diri dapat membantu Anda dalam bersosialisasi karena Anda akan terhindar dari citra tubuh yang negatif. Nyatanya, orang tidak nyaman saat harus berinteraksi dengan orang yang memiliki masalah dengan kebersihan badan, seperti bau badan, bau mulut, gigi kuning, dan rambut berkutu.

3.    Alasan psikologis

Kebersihan diri yang baik akan meningkatkan rasa percaya diri Anda, terutama dalam keramaian atau situasi sosial.

Berikut tips tambahan untuk memelihara kebersihan diri demi meningkatkan daya tahan tubuh:

  • Jaga kebersihan kuku

Tangan atau kuku merupakan bagian tubuh yang paling mudah terkontaminasi kuman dan menyebabkan Anda sakit. Kuku yang panjang berisiko menjadi tempat tinggal kuman. Sebaiknya hindari memanjangkan kuku dan jaga kebersihan kuku dengan cara berikut:

-        Hindari menggigit kuku.

-        Gunakan pemotong kuku yang bersih dan tidak berbagi dengan orang lain.

-        Saat mencuci tangan, bersihkan hingga ke bagian dalam dan bawah kuku.

  • Jaga kebersihan kaki

Alas kaki merupakan salah satu tempat tinggal favorit bakteri. Karena itu, Anda perlu rajin membersihkan kaki maupun alas kaki yang Anda gunakan agar terbebas dari bakteri. Bila Anda kurang memperhatikan kebersihan sandal, sepatu, ataupun kaus kaki, bakteri dapat berkembang biak dan menimbulkan bau tidak sedap hingga penyakit kulit. Berikut tips menjaga kebersihan kaki:

-        Cuci kaki secara rutin dan keringkan dengan handuk.

-        Ganti kaus kaki setiap hari.

-        Ganti alas kaki setiap hari.

-        Sebaiknya hindari menggunakan kaus kaki dan alas kaki sepanjang hari.

-        Hindari mengenakan kaus kaki atau sepatu saat kaki dalam keadaan basah karena dapat mengundang bakteri untuk berkembang.

  • Jaga kebersihan pakaian

Pakaian yang tidak bersih dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Apalagi Anda tinggal di negara tropis sehingga mudah berkeringat. Jadi, hindari mengenakan pakaian yang sama dua hari berturut-turut, apalagi bila Anda memakainya untuk beraktivitas di luar ruangan. Pakaian yang terpapar debu kemungkinan besar ditempeli kotoran, termasuk kuman penyebab penyakit.

Segera cuci pakaian menggunakan deterjen sampai bersih setiap habis dikenakan. Jemur pakaian sampai kering di bawah sinar matahari agar mematikan kuman yang masih menempel di pakaian. Hindari mengenakan pakaian yang lembap atau belum kering benar karena berisiko menimbulkan bakteri dan menyebabkan masalah pada kulit.

 

 

Samudra Mas Kalimantan

JL. PANGERAN ANTASARI KOMPLEK PERTOKOAN BARU RUKO 2-3 SAMPIT

0812-5677-3171

Tag : Bahan Bangunan, Mengasah Mata Bor, DAYA TAHAN TUBUHra, Kesegaran Udara, Kesegaran Udara, Membuat disinfektan, Jenis Paku, Lantai Keramik , MEMILIH GENSET, cat sampit, ngaduk semen, Semen Instan, cat genteng sampit, perbaiki genteng cat bocort sampit, Membuat Kolam, Menghilangkan Noda, PERBAIKI KRAMIK, Memilih Bahan Bangunan besi sampit, semen sampit, kalteng sampit, sampit, beton sampit, kotim sampit, proyek bangunan sampit, supplier bangunan sampit, handtools sampit, hardware sampit, galvalum sampit, baja ringan sampit, rangka atap sampit, safety sampit, rumah idaman sampit, wiremesh sampit, kabel listrik sampit, besi beton sampit, tandon air sampit, karpet sampit, karpet sampit, karpet sampit, lem fox sampit, karpet sampit, alat listrik sampit, keramik sampit, dll.


  • Besi Beton Berkualitas harga terjangkau di Sampit
  • Tips Membangun Rumah Idaman
  • Material Dan Bahan Bangunan Terlengkap di Sampit
  • Tips Memilih Semen Berkualitas
  • Tips Memilih Tandon Air yang baik
  • Tips Memilih Cat Berkualitas
  • Tips Memilih Wiremesh Berkualitas
  • Tips Memilih Kabel Listrik Berkualitas
  • Tips Memilih Keramik Yang Bagus
  • Tips Memilih Rangka Atap Berkualitas
  • Tips Memilih Baja Ringan Berkualitas
  • Besi Beton Sampit
  • Bahan bangunan Sampit
  • Toko Bangunan Sampit
  • Tips memilih Bata Ringan Berkualitas Sampit
  • Tips Memilih Baja Ringan Berkualitas Sampit
  • Tips Memilih Triplek Berkualitas Sampit
  • Supplier Sampit
  • Supplier Kotim
  • Supplier Kalteng
  • Armada Sampit
  • Atap Genteng Ekonomis Sampit
  • Tips Cara merawat karpet sampit
  • Karpet Sampit
  • kegunaan lem fox sampit
  • Alat Listrik Sampit
  • Gerobak Sorong Artco
  • Promo Besi
  • paku biasa sampit
  • Besi H-Beam Sampit Terjangkau dan Berkualitas
  • Cara Memilih Bata Ringan Berkualitas
  • Jenis Jenis Paku dan Fungsi nya
  • Mencari bata ringan yang berkualitas dan ekonomis?
  • CARA MEMILIH TANDON AIR YANG TEPAT
  • Besi Beton berkualitas sampit
  • JENIS-JENIS SEKRUP UNTUK MEMASANG ATAP BAJA RINGAN
  • Tips Memilih Semen Berkualitas
  • CARA MRMILIH BESI BETON BERKUALITAS
  • Tips Memilih Rangka Atap Rumah Yang Tepat
  • TIPS MEMILIH GENTENG TAHAN LAMA DI SAMPIT
  • 2020, Saatnya Peduli Lingkungan! Kelebihan Atap PV
  • “CARA MEMILIH BESI BETON DENGAN KUALITAS TERBAIK
  • KAIN MAJUN SAMPIT
  • KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PINTU PVC
  • Musim Hujan di Sampit Bikin khawatir? Saatnya Pasa
  • KENAPA HARUS BATA RINGAN?
  • PIPA PVC PILIHAN, SAMPIT
  • Tips Mengetahui Semen Asli dan Palsu-Sampit
  • JENIS SEMEN TERBAIK
  • TIPS BELANJA MATERIAL ONLINE-SAMPIT
  • Kelebihan Dan Kekurangan Memakai Dinding Kalsiboa
  • TERPAL PLASTIK SAMUDRA MAS KALIMANTAN
  • Tips memilih besi beton
  • JENIS DAN FUNGSI KABEL LISTRIK-SAMPIT
  • Perbedaan Triplek, Papan Gypsum Dan Kalsiboard Un
  • Kelebihan dan Kekurangan Pintu PVC-Sampit
  • Kelebihan dan Kekurangan Atap Baja Ringan-Sampit
  • Mengenal Kegunaan Besi Siku-Sampit
  • Ketahui fungsi kanal untuk kebutuhan konstruksi-Sa
  • KEUNGGULAN TRIPLEK MELAMIN
  • LAMPU HEMAT ENERGI-SAMPIT
  • KAWAT HARMONIKA
  • Besi Beton Samudra Mas Kalimantan
  • Atap atau seng Galvalum Sampit
  • Terpal Berkualitas Sampit
  • Paku Biasa Sampit PT. Samudra Mas Kalimantan
  • BESI WF PT. SAMUDRA MAS KALIMANTAN
  • BESI H BEAM PT SAMUDRA MAS KALIMANTAN
  • BESI H BEAM PT SAMUDRA MAS KALIMANTAN
  • Pipa Galvalum Sampit PT. Samudra Mas Kalimantan
  • Papan KalsiBoard Ling PT. Samudra Mas Kalimantan
  • Besi Beton Berkualitas Sampit
  • BATA RINGAN SAMPIT
  • BATA RINGAN SAMPIT
  • KAWAT BENDRAT BERKUALITAS SAMPIT
  • Kawat Duri Sampit
  • kawat harmonika sampit
  • Terpal Samudra Mas Kalimantan
  • BANGUN PROYEK, GUNAKAN BAJA BERSTANDAR SNI!
  • Jenis Triplek Terbaik 2020-Sampit
  • ALASAN KENAPA HARUS MEMAKAI ATAP ONDULINE-SAMPIT
  • TIPS MEMILIH BESI BETON KUALITAS TERBAIK
  • MARI MENGENAL KEGUNAAN KAWAT BANGUNAN
  • Jenis-Jenis Timbangan dan Fungsinya
  • TIPS KAMAR MANDI MINIMALIS TERLIHAT LUAS DAN NYAMA
  • 7+ BAHAN BANGUNAN YANG PALING SERING DIGUNAKAN DAL
  • Terpaksa Belanja di Tengah Pandemi, Ini Tipsnya!!
  • Mengenal Jenis Baut dan Fungsinya
  • Pasang Atap Masa Kini, Gunakan Rangka Atap Baja Ri
  • Mengenal Fungsi Talang Karet
  • Mengenal Fungsi Aluminium Foil untuk Atap Rumah
  • Jenis-jenis Pipa dan Fungsinya
  • BANGUN PROYEK, GUNAKAN BAJA BERSTANDAR SNI!
  • JENIS NOK GENTENG
  • CARA MENYIMPAN BAHAN BANGUNAN AGAR TAHAN LAMA
  • Jangan Anggap Sepele, Berikut Tips Rawat Atap agar
  • HEMAT LISTRIK DAN ELEGAN, IKUTI TIPS MEMILIH LAMPU
  • Tips Rawat Instalasi Listrik By PT. Samudra Mas Ka
  • Tips memperbaiki Bak Mandi Bocor
  • Closed Duduk dan Closed Jongkok, Mana yang lebih s
  • Jangan Anggap Sepele, Berikut Tips Rawat Atap agar
  • Rumah Bebas Banjir dan Aman Saat Hujan Mengguyur d
  • Manfaat Soda Api – Toko Bangunan Sampit
  • Hal yang perlu dilakukan Untuk Mengatasi Saluran
  • Cara Mengatasi Atap Rumah Bocor Saat Kota Sampit d
  • Merawat Berbagai Jenis Keramik Tetap Awet - Toko B
  • Lebih Irit dan Awet Ini 5 Cara Merawat Dinding Rum
  • Merawat Besi Bebas Karat Sampit
  • Besi berkarat? Bye-Bye Karat- Sampit
  • Mengenal dan Memilih Jenis Pipa PVC Sampit
  • Mengenal Bentuk dan Jenis Atap Rumah Sampit
  • Penting! Cegah Banjir, Bersihkan Saluran Air! Samp
  • Mengenal Jenis Cat Sampit
  • Tetap Sehat, dikala Hujan dan Pandemi Covid-19
  • Kabel Listrik Awet Aman Sampit
  • Material Bangunan Modern Sampit
  • Memilih, Mengenal Semen Sampit
  • Merawat Jas Hujan Awet Sampit
  • Menghilangkan Jamur dari Jas Hujan Sampit
  • Memilih Closet Kamar Mandi Sampit
  • Memilih Keramik Dinding Dapur Sampit
  • Mengenal Jenis Kayu Untuk Furniture Sampit
  • Merawat Furnitur Kayu Awet Sampit
  • Memadukan Warna Cat Rumah Minimalis Sampit
  • Jenis Batu Alam untuk Dinding Sampit
  • Rangka Atap Baja Ringan Vs Kayu Sampit
  • Memilih Baja Ringan Sampit
  • Mengatasi Septic Tank Penuh Sampit
  • Apa itu besi wiremesh? Besi Sampit
  • BAHAN BANGUNAN TAHAN API Sampit
  • Material Bangunan Tahan Gempa Sampit
  • Kusen Kayu atau Aluminium? Sampit
  • Mengenal Fungsi Engsel dan Jenis Engsel Sampit
  • Usir Noda Membandel pada Kloset Sampit
  • Mengenal Jenis Paku Sampit
  • Cara Mengatasi Lantai Bocor Sampit
  • Jenis Alat Pelindung Diri K3 Sampit
  • Kawat Bangunan Sampit
  • Expanded Metal Sampit
  • Jenis Sealant dan Fungsinya Sampit
  • Mengenal Jenis Resin, Fungsi dan Kegunaannya Sampi
  • Serba-serbi Seng Galvalum Sampit
  • JENIS LAMPU SAMPIT
  • Mengenal Hand Tools Sampit
  • Mengenal Kunci (Wrench) Sampit
  • Kunci Socket (Shocket Wrench) Sampit
  • Obeng (Screwdriver) Sampit
  • Tang (Plier) Sampit
  • Palu (Hammer) Sampit
  • Jenis Batu Grinda Sampit
  • Jenis Kuas Sampit
  • Mengenal Grease Dan Penggunaannya Sampit
  • Mengenal Kompresor Sampit
  • Kegunaan Kawat Bendrat Sampit
  • Mengenal Talang Air Sampit
  • Mengenal Kabel Listrik Sampit
  • Serba-Serbi Penangkal Petir Sampit
  • Mengatasi Septic Tank Penuh Di Sampit
  • CEGAH BANJIR,BERSIHKAN SALURAN AIR SAMPIT
  • Perbedaan Machine Bolt dan Stud Bolt Sampit
  • 5 Manfaat Soda Api untuk Urusan Rumah Tangga Sampi
  • Mengenal Kunci di Sampit
  • serba serbi galvalum sampit
  • 4 Jenis Selang Air Berdasarkan Bahan & Fungsinya D
  • Apa Manfaat Memasang Tangki Air di Rumah Sampit
  • Perbedaan Besi WF Dan H BEAM
  • Mengenal Pengertian Plumbing atau Pemipaan Sampit
  • Kelebihan dan Kekurangan Atap Rumah Galvalum SAMPI
  • Kelebihan dan kekurangan Kloset Jongkok dan kloset
  • 6 Jenis Keran Air Sampit
  • Lebih hemat pakai shower atau gayung Sampit
  • 9 Jenis Bahan Bangunan yang Digunakan dalam Konstr
  • 6 Alasan Kamu Harus Pakai Atap Galvalum di Rumah S
  • . Pengertian Sistem Plumbing Kotim
  • CARA MENGATASI ATAP REMBES KOTIM
  • Jenis jenis Lampu yang tepat untuk setiap ruangan
  • Kelebihan dan Kekurangan Material Kalsiboard untuk
  • 8 Bentuk dan Jenis Atap Rumah yang Bisa Dipilih se
  • Cara Memasang Fisher Atau Angkur Dinding di Tembok
  • FUNGSI SEAL TAPE DI PABRIK INDUSTRI KALTENG
  • Fungsi Kunci Ring dan Cara Penggunaan Seruyan
  • Mengenal jenis dan fungsi Palu Seruyan
  • Kelebihan dan Kekurangan Genteng Metal Pasir Untuk
  • Kesalahan yang sering terjadi dalam Pengerjaan Sem
  • 7 Jenis Kayu Terbaik Konstruksi Rumah Kalimantan
  • Kegunaan dan keunggulan kawat harmonika Kalimantan
  • Perbedaan antara kawat baja dan besi kawat Kalteng
  • Cara Membersihkan Perkakas yang Berkarat Kalteng
  • 7 Macam dan Fungsi Engsel pintu Kalimantan
  • Persiapan penting dalam Mngecat Plafon rumah Kalim
  • 7 Cara Memasang Lampu Downlight dalam Ruangan Kalimantan
  • Tips Memilih Warna Cat Kayu
  • 5 Rekomendasi Warna Cat Kamar Tidur Kalimantan
  • Mengenal Atap Fiber Kalimantan
  • Cara menghilangkan jamur tembok kalimantan
  • FUNGSI KRAN PELAMPUNG KALIMANTAN
  • Cara Membersihkan Noda Keramik Super Ampuh Kaliman
  • Ukuran dan Kegunaan Selang Spiral Kalimantan
  • Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Jenis Atap Seng
  • CARA MERAWAT MESIN BOR KALTENG
  • CARA MERAWAT MESIN BOR KALTENG
  • CARA MENGGUNAKAN MESIN AMPLAS KALTENG
  • Mengetahui Jenis dan Fungsi Gergaji Mesin dan Gerinda kalimantan
  • Langkah Jitu Mengatasi Dinding Rembes Sampit
  • 5 Cara Memilih Keramik Sesuai Kebutuhan dan Fungsi
  • Cara Menggunakan Mesin Jahit Karung Kalteng
  • Perbedaan Mesin Gergaji Jigsaw dan Circularsaw Kalimantan
  • Perawatan Yang Benar untuk Pompa Air Kalteng
  • Perawatan Yang Benar untuk Pompa Air Kalteng
  • Mengoperasikan Mesin Ketam Sampit
  • Tips Cara Menghaluskan Permukaan Kayu Menggunakan Amplas Kalteng
  • 5 Langkah Mengasah Pisau Yang Benar dengan Batu Asah Kalimantan
  • 8 Cara Mencampur Cat Tembok dengan Air
  • CARA MEMPERBAIKI KERAMIK YANG BOLONG
  • 5 Poin yang Sangat Penting Saat Memilih Bahan Bangunan untuk Rumah Kotim
  • Tips Mengatasi Genteng Bocor Sendiri dengan Mudah
  • Hemat Biaya, Ikuti Panduan Cara Membuat Kolam Renang Rumah yang Benar
  • 7 Tips Ampuh Cara Menghilangkan Noda Di Tembok Membandel
  • Cara Mengecat Tembok Lama dengan Berbagai Kondisi, Cocok untuk Pemula
  • Ketahui 6 Jenis Cat Genteng, Pilih yang Tepat untuk Hunian!
  • Masalah Genteng Bocor, Atasi dengan Tips Ini
  • Ini Tips Agar Cat di Dinding Awet
  • 10 Cara Perawatan Genset dengan Aman
  • Tata Cara Mengaduk Semen Manual Pakai Tangan Sesuai Takaran (Sampit)
  • Semen Instan atau Mortar, Semen Biasa yang Mudah Digunakan Sampit
  • Jenis – Jenis Mata Bor Dan Fungsinya (Sampit)
  • TIPS MEMILIH GENSET YANG PAS DAN SESUAI DENGAN KONDISI KEBUTUHAN LISTRIK (sampit)
  • 10 Jenis Genteng Rumah Untuk Berbagai Kebutuhan (Sampit). Pilih Yang Mana?
  • Menambal Pipa PVC yang Bocor Dapat Dilakukan Sendiri
  • Cara Memasang Lantai Keramik Mudah dan Cepat
  • 17 Jenis Paku, Harga Terbaru, & Fungsinya Untuk Bangunan Rumah. Jangan Sampai Salah Pilih!
  • Cara Memasang Plafon Kalsiboard Yang Betul (Sampit)
  • Grc Board Untuk Dinding Luar (Sampit)
  • 8 Cara Menjaga Kualitas dan Kesegaran Udara di Dalam Kamar (Kotim)
  • Cara Membuat Disinfektan Sendiri Rekomendasi WHO, Mudah Dilakukan (kalteng)
  • 10 Cara Ini Ternyata Ampuh Meningkatkan Daya Tahan Tubuh (KOTIM)
  • 3 Cara Mengasah Mata Bor Besi (KALTENG)
  • 7 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Imun Tubuh untuk Lawan COVID-19 (SAMPIT)
  • Olahraga Meningkatkan Kebugaran dan Kekebalan Tubuh di masa New Normal Life (KALTENG)
  • Cara Mudah Buat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah (kalteng)
  • Cara Mudah Menggunakan Dan Merawat Mesin Las Listrik (SAMPIT)
  • BATA RINGAN = Definisi, Keunggulan, Harga, dan Cara Pemasangan (sampit)
  • 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata (Kalteng)
  • Jenis-Jenis Genset Berdasarkan Cara Kerjanya (SAMPIT)
  • Kenali 10 Jenis Kabel Listrik Beserta Kegunaannya yang Paling Umum Digunakan (KOTIM)
  • Bata Merah, Batako Press, dan Bata Ringan, Apa Bedanya? (SAMPIT)
  • Jenis-Jenis Pompa Air (kalteng)
  • Ini 5 Cara Membersihkan Udara Dalam Ruangan Agar Tetap Bersih di Masa Pandemi Covid-19(SAMPIT)
  • Ketahui Jenis-Jenis Kunci Pintu yang Dijamin Aman (KALTENG)
  • Jenis Stop Kontak Berdasarkan Fungsionalnya (sampit)
  • TAHAP MEMBUAT SETRUM IKAN(kalteng)
  • Perbedaan Semen Putih Dengan Semen Biasa (SAMPIT)
  • 12 Jenis Pipa Air, Kegunaan, Cara Pemasangan (kalteng)
  • Galvanis atau Galvalum, 2 Istilah pada Baja Ringan,(sampit)
  • Mengenal 4 Rumah Betang, Rumah Adat Kalimantan Tengah
  • 7 Manfaat Kapur Yang Penting Untuk Keperluan Rumah Tangga (KALTENG)
  • Seluk Beluk Ukuran Pipa PVC (SAMPIT)
  • 10 Cara Perawatan Genset dengan Aman (sampit)
  • Mengenal Jenis -Jenis Mesin Las (Kalteng)
  • 7 PENYEBAB LANTAI KERAMIK RETAK DAN PECAH, SERTA CARA MENGATASINYA(kalteng)
  • Lakukan 7 Cara Berikut Ketika Atap Rumah Bocor (sampit)
  • 8 Cara dan Tips Memilih Keramik Kamar Mandi Terbaik(Sampit)
  • Mengenal Beragam Jenis dan Fungsi Sekrup yang Digunakan Sehari-Hari (Kalimantan)
  • Definisi & Manfaat Besi Galvanis (sampit)
  • Mengenal Semen Putih, Keunggulan dan Kekurangannya (kotim)
  • 10 Cara Perawatan Genset dengan Aman (kotim)
  • Cara menghilangkan kerak air berkapur (sampit)
  • Perbedaan Besi Baja H Beam dan Baja WF Yang Biasa Digunakan Kontraktor (kotim)
  • 10 Jenis Kunci yang sering digunakan para pekerja bengkel (sampit)
  • 8 Jenis Besi yang Harus Diketahui Sebelum Renovasi Rumah (kotim)
  • Trik Ampuh Menghilangkan Karat Pada Besi dengan Mudah (KALTENG)
  • Cara Kerja hingga Keuntungan Lampu LED yang Wajib Kamu Tahu (kotim)
  • CARA MENCAMPURKAN SEMEN DENGAN BAHAN - BAHANNYA (KALTENG)
  • Ini Perbedaan Baja SNI dan Abal-Abal (SAMPIT)
  • Alat Listrik Wajib Ada Di Rumah Baru (KOTIM)
  • PERBANDINGAN LAMPU LED DENGAN LAMPU BIASA (KOTIM)
  • Apa yang dimaksud dengan Stop Kontak? (KALTENG)
  • 5 JENIS LAMPU YANG PERLU ANDA KETAHUI SEBELUM MENENTUKAN YANG TEPAT UNTUK RUMAH ANDA (KOTIM)
  • Jenis-Jenis Pipa PVC Yang Perlu Anda Ketahui (SAMPIT)
  • 14 Alat Yang Digunakan Untuk Instalasi listrik (kalteng)
  • Memilih Besar Watt Lampu yang Sesuai untuk Ruangan (kotim)
  • 5 Cara Menghaluskan Tembok yang Tidak Rata (kotim)
  • Kamar Tidur Panas? Tenang, Ada 7 Cara untuk Mengatasinya Tanpa AC (kotim)
  • Panduan Cara Membersihkan AC yang Benar Supaya Tidak Jadi Sarang Penyakit (sampit)
  • 9 Jenis Mesin Bor dan Fungsinya (KOTIM)
  • Kenali Perbedaan 6 Jenis Gergaji. Wajib Tahu Agar Tak Salah Saat Memotong (KALTENG)
  • Mengenal 4 Perbedaan Besi Beton Polos Dan Besi Ulir (kotim)
  • Perbedaan Pintu UPVC dan PVC (sampit)
  • Mengenal Pipa Besi Galvanis Terbaik: Fungsi, Keunggulan (sampit)
  • 10 Cara Menghilangkan Bekas Semen di Keramik yang Ampuh (kalteng)
  • Kenali 7 Jenis Pipa Air dan Kegunaannya! (kalteng)
  • Ciri – Ciri Besi Full SNI (sampit)
  • Beginilah Cara Membuat Pondasi Anti Gempa Yang Kokoh (KOTIM)
  • 3 Cara Memperbaiki Lantai Beton Yang Retak Dengan Mudah (SAMPIT)
  • Mengenal Besi Beton Dan Cara Memilih Kualitas Terbaik (kotim)
  • Mengenal Jenis Dan Fungsi Mata Gerinda (sampit)
  • Panduan Cara Membersihkan AC yang Benar Supaya Tidak Jadi Sarang Penyakit (kotim)
  • Mengenal Jenis-jenis Cangkul (kotim)
  • Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Baja Ringan atau Galvalum (kalteng)
  • Mengenal 10 Jenis Paku Bangunan yang sering dipakai (KALTENG)
  • Daftar Ukuran Atap Galvalum Kelebihan dan Kekurangan
  • 15 Alat Tukang Bangunan Modern Terlengkap dan Fungsinya
  • Perbedaan Semen Putih Dengan Semen Biasa
  • Jangan Sampai Salah Sebut, Ini Dia Perbedaan Baut dan Sekrup (sampit)
  • TATA CARA MENCABUT PAKU DARI TEMBOK
  • Mengenal Jenis dan Fungsi Batu Bata
  • Cara Menghilangkan Bekas Stiker
  • CARA MEMBERSIHKAN FILTER GENSET
  • 7 Cara Mudah Membersihkan Keramik Kamar Mandi Agar Kembali Kinclong (kotim)
  • Memperbaiki Kepala Bor Macet (KOTIM)
  • 10 Jenis-jenis Obeng dan Fungsinya (SAMPIT)
  • 8 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Mudah (kotim)
  • 8 Cara Menghilangkan Lem Korea Di Tangan Atau Area Kulit Dengan Mudah Dan Praktis
  • Jenis Penutup Atap Untuk Rangka Atap Baja Ringan (KALTENG)
  • Perbedaan Besi WF Dan H BEAM
  • Cara Menambal Dinding Bolong Akibat Paku (KOTIM)
  • Cara Plester Dinding Yang Baik Dan Benar Untuk Pemula
  • Batu Bata atau Batako (kalteng)
  • Jenis Atap Rumah Berdasarkan Materialnya.(kalteng)
  • Mengenal Fungsi MCB pada Instalasi Listrik, Berikut Pengertian dan Jenisnya
  • Pengertian Tespen (Test Pen) dan Cara Menggunakannya
  • Teknologi Konstruksi Inovatif Masa Depan
  • PERBANDINGAN LAMPU LED DENGAN LAMPU BIASA
  • Bagaimana Mengidentifikasi Perbedaan Antara Stainless Steel Dan Aluminium Alloy?
  • Kelebihan Granit dan Keramik
  • PENGELASAN DENGAN MENGGUNAKAN LAS LISTRIK BUSUR MANUAL
  • 5 Tips Memilih Lem Kayu
  • BESI BETON SNI: MEMAHAMI KUALIFIKASI BSN
  • 6 Jenis Genteng untuk Atap Baja Ringan dan Keunggulannya
  • Cara Menghilangkan Bekas Las dengan Teknik Poles
  • Jenis-jenis alat ukur listrik dan fungsinya
  • 8 Jenis Kabel Listrik
  • Jenis dan Ciri-ciri Pasir yang Bagus untuk Bangun Rumah
  • 9 Jenis Semen Dan Kegunaannya Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Membangun Rumah!
  • Tips Memperbaiki Keramik Yang Rusak
  • BAGAIMANA CARA MEMBEDAKAN BESI DAN BAJA?
  • Apa itu MCB Listrik dan MCCB
  • Jenis Besi Untuk Pagar Rumah
  • 5 Jenis Kaca Untuk Rumah
  • Perbedaan Plat Besi, Plat Kapal dan Plat Lubang
  • 4 Tahap Cara Pemasangan Atap Galvalum Kotim Kalteng
  • Cara Memasang Talang Air Yang Baik dan Benar
  • Memperbaiki Kaca yang Pecah
  • 10 Jenis Pondasi Rumah Yang Sering Digunakan Serta Fungsinya
  • 5 Cara Menyambung Kabel Listrik Sendiri di Rumah, Mudah dan Aman
  • Sejarah Besi Beton
  • Membedakan Baja Ringan Bagus dan Abal-abal.
  • Jenis dan Fungsi Sepatu Safety
  • 6 Jenis Pondasi Rumah
  • Makna dari 5 Warna Helm Proyek yang Digunakan Pekerja Konstruksi
  • 5 Model Lampu Dinding
  • 5 Jenis Triplek Beserta Kelebihan dan Kekurangan
  • Macam - Macam Konstruksi Tali Yang Digunakan Pada Usaha Penangkapan Ikan
  • Perbedaan lampu LED dan Lampu Biasa
  • Cara Mengasah Mata Bor
  • CARA MEMBERSIHKAN JAMUR PADA KAMAR MANDI
  • Tips Membuat Cat Dinding Anti noda
  • 5 Penyebab Korsleting Listrik Rumah Dan Cara Mengatasinya Yang Paling Aman.
  • Penggunaan perekat keramik
  • Mengenal Jenis-Jenis Baut dan Mur
  • 5 Keuntungan Membangun Rumah dengan Bata Ringan
  • 3 Cara Menambal Lantai Keramik Yang Pecah Tanpa Bantuan Tukang
  • Terbukti Ampuh! 4 Cara Menghilangkan Bekas Lem Stiker
  • 6 Cara Memperbaiki Lampu LED Rumah yang Rusak dan Mati Total
  • 8 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Mudah, Hanya Pakai Bahan Rumahan!
  • 5 Cara Memperbaiki Atap Bocor Secara Permanen.
  • CARA MEMBERSIHKAN FILTER GENSET
  • Jenis Mata Bor Dan Fungsinya
  • 8 Cara Menghilangkan Lem Korea Di Tangan Atau Area Kulit
  • Awas Kebakaran, 7 Cara Mencegah Korsleting Listrik di Rumah!
  • Mengenal Jenis-Jenis Welding (Pengelasan)
  • 10 Cara Membersihkan Cermin yang Buram, Mudah dan Efektif
  • 8 Jenis Kunci Pintu Yang Terbaik Untuk Rumah Baru.
  • Standar Ukuran Pintu Rumah Dua Pintu Dan Satu Pintu Ideal
  • Semen Putih – Cek Perbedaan, Keunggulan, Kekurangan, Kegunaannya
  • Inilah Cara Plamir Tembok
  • Membahas Perbedaan Atap Asbes Dan Genteng.
  • 11 Cara Mengusir Lintah Dengan Cepat Dan Mudah! Ampuh 100%
  • MEMASANG STOP KONTAK
  • Ukuran Garasi 2 Mobil Dan Siasat Penyimpanan Di Lahan Terbatas. Mobil Aman Terlindungi!
  • Tiga Cara Memperbaiki Keramik Lantai
  • Kenali Komponen Mesin Penghancur Batu dan Cara Kerjanya
  • Cara Perbaiki Bel Rumah Mati Atau Rusak
  • Cara Merawat Toren Air Supaya Awet Dan Tidak Berlumut.
  • Keunggulan Batu Belah dan Jenis-Jenisnya Sebagai Bahan Konstruksi
  • Mengenal Jenis Jenis Pasir Untuk Bahan Konstruksi Yang Ada Di Indonesia.
  • 20 Material Bangunan Penting Yang Digunakan Dalam Konstruksi Rumah Modern
  • Mengantisipasi Rumah Lembab Yang Paling Efektif
  • 7 Material Bahan Bangunan Yang Ramah Lingkungan
  • Cara Mencuci Bantal Dacron Menggunakan Tangan Dan Mesin Cuci
  • 5 Cara Menambal Asbes Bocor
  • 5 Cara Memperbaiki Pipa Wastafel Bocor Paling Praktis
  • >6 Cara Pasang Bathtub Di Kamar Mandi Minimalis Yang Benar.
  • 5 Cara Merawat Dinding Batu Alam Agar Bersih Mengilap Dan Tahan Lama
  • Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Dengan Sitrun
  • Cara Membersihkan Tirai Kamar Mandi
  • 7 Aturan Arah Kompor Menurut Feng Shui Di Dapur
  • Cara Pasang Cooker Hood Atau Pengisap Asap Dapur Dengan Mudah. Salah Dikit Bisa Berbahaya!
  • Cara Mengeringkan Baju Di Mesin Cuci. Pakaian Tak Mudah Rusak Dan Bersih Seluruhnya
  • 5 Cara Menghilangkan Karat yang Membandel dengan Bahan Alami, Mudah Digunakan
  • Cara Memasang Hebel Dengan Mortar
  • 6 Penyebab Kompresor AC Rusak Beserta Penjelasan Solusinya.
  • Cara Menambal Atap Seng Yang Bocor Dengan Styrofoam Dan Lakban Seng.
  • Warna TV LED Berubah Tidak Normal? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya!
  • 6 Pilihan Keramik Lantai Dapur Tidak Licin.
  • CARA MENAMBAL DINDING BOLONG AKIBAT PAKU, TERBENNTUR, HINGGA RETAK
  • 6 Cara Membuat Aquascape Tanpa CO2, Murah Dan Cocok Bagi Pemula!
  • Cara Memasang Otomatis Pompa Air Paling Efektif
  • Pembuatan Keramik Nusantara dengan Bahan Dasar Tanah Liat, Ketahui Tekniknya
  • 7 Cara Plamir Tembok Yang Tepat.
  • 5 Cara Memasang Genteng Metal Disertai Ukuran Jarak Reng dan Pemasangan Nok.
  • Cara Mengatasi WC Mampet Dengan Soda Api
  • 5 Poin yang Sangat Penting Saat Memilih Bahan Bangunan
  • 7 Tips Menyiasati Ruangan Sempit agar Terlihat Lebih Luas
  • 5 Cara Membuat Pewangi Pakaian Alami, Dijamin Tahan Lebih Lama Dan Aman!
  • Cara Memasang HPL Pada Furnitur Kayu
  • 6 Cara Mengatasi Debu Rumah Pinggir Jalan Yang Sederhana
  • 10 Kelebihan Dan Kekurangan Lantai Teraso.
  • Cara Membuat Deterjen Bubuk Alami Yang Aman Untuk Lingkungan.
  • 5 Cara Mengatasi Pintu Rumah Seret Dan Berderit.
  • 6 Cara Membersihkan Lantai Setelah Renovasi Dari Debu Dan Kotoran.
  • Cara Menanam Bawang Putih Di Rumah. Mudah, Murah
  • Cara Menghitung Kebutuhan Rangka Plafon Hollow.
  • 6 Cara Membersihkan Lantai Setelah Renovasi Dari Debu Dan Kotoran
  • 6 Cara Mengeringkan Sepatu Dengan Cepat Menggunakan Barang Rumahan
  • Secepat Kilat, Inilah 9 Cara Mengeringkan Baju Dalam 30 Menit. Mudah Banget!
  • 5 Cara Mengatasi Pintu Rumah Seret Dan Berderit. Jangan Ditunda, Perbaiki Segera!
  • 5 Cara Memasang Genteng Metal Disertai Ukuran Jarak Reng Dan Pemasangan Nok
  • 5 Cara Mencegah Air Hujan Dari Atap Tetangga Agar Tidak Masuk Ke Rumah.
  • Cara Membuat Lantai Granit dan Marmer Tiruan dari Beton
  • Tips Memilih Bahan Bangunan yang Berkualitas
  • 5 Cara Memasang Baja Ringan Ke Tembok Rumah Secara Kokoh
  • 10 Cara Merawat Sepatu Putih Di Rumah Agar Tidak Cepat Kotor. Jangan Tunggu Sampai Menguning!
  • Mengenal Semen Putih, Harga, Keunggulan dan Kekurangannya
  • 8 Cara Menghemat Gas Elpiji Dengan Mudah Saat Memasak. Pengeluaran Jadi Lebih Irit!
  • Cara Menghitung Kebutuhan Atap Seng Gelombang
  • Cara Memperbaiki Lantai Keramik yang Retak
  • 5 Cara Mengisi Keramik Yang Kosong Di Rumah Agar Menempel Kembali