Toko bahan bangunan*PT. Samudra Mas Kalimantan*Sampit-Kotim-Kalteng

Kategori
Pencarian

  Kritik&Saran

AIR COMPRESSOR
BATH AND KITCHEN
BESI DAN GALVALUM
BOLT AND NUT
BUILDING MATERIAL
FIRE EQUIPMENTS
GARDEN TOOLS
HAND TOOLS
HARDWARE
HOUSEWARE
LIFTING EQUIPMENTS
LIGHTING & ELECTRICAL
PAINT AND SUNDRIES
PLUMBING
POWERTOOLS & ACCES
SAFETY EQUIPMENTS
WELDING EQUIPMENTS
CERAMICS
PAINTS
ALUMUNIUM & ACCES

Artikel

 BATA RINGAN = Definisi, Keunggulan, Harga, dan Cara Pemasangan (sampit)

Bata Ringan: Definisi, Keunggulan, Harga, dan Cara Pemasangan

Bata ringan kini mulai banyak dipakai untuk konstruksi dinding menggantikan bata merah ataupun batako. Sifatnya yang lebih tahan air dan api serta lebih ringan, membuat salah satu ini diminati oleh banyak kalangan konstruksi. Bata ringan juga relatif lebih kuat dibandingkan bata merah yang lebih mudah rapuh. Bahannya yang ringan juga membuat pekerjaan lebih lebih efisien dan cepat.

 

Dalam sebuah proyek konstruksi baik dalam tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan sangat diperlukan manajemen konstruksi yang baik. Salah satu hal yang terpenting adalah pemilihan material bangunan yang akan berdampak pada untung atau rugi sebuah proyek. Saat ini kemajuan teknologi dalam peakerjaan konstruksi semakin cepat yang menyebabkan pekerjaan lebih ekonomis. Salah satu yang banyak digunakan adalah pekerjaan pemasangan dinding bata ringan. Apa itu bata ringan, apa saja keunggulannya, dan bagaimana cara pemasangannya akan kami jelaskan di bawah ini.

 

Bata ringan adalah material bangunan yang fungsinya sama dengan batu bata merah untuk membuat dinding. Dari luar, material bahan baku bata ringan menyerupai beton pada umumnya tetapi bobotnya lebih ringan. Permukaannya pun halus dan bentuknya pun seragam dari segi ukuran dan ketebalannya karena dicetak dengan cetakan press beton.

Bata ringan umumnya dibuat secara masal oleh pabrik dengan olahan bahan dari campuran pasir kuarsa, semen, kapur, gypsum, dan alumunium pasta. Menurut Gatut Susanta, 2008, bata ringan memiliki karakteristik yang ringan, halus dan sangat rata. Pada umumnya, bata ringan memiliki ukuran 60 cm x 20 cm dengan ketebalan yang bervariasi 7–15 cm. , bata ringan memiliki berat jenis kering sekitar 530 Kg/m3. Karena beratnya yang lebih ringan ketimbang batu bata merah, maka produktivitas pekerja untuk bata ringan tentu berbeda dengan produktivitas dinding bata merah. Menurut Birdyant Goritman, 2012 dalam jurnalnya meyebutkan bahwa dengan komposisi pekerja 0,1 OH mandor, 0,3 OH kepala tukang, 2 pembantu tukang dan 3 tukang batu dari hasil penelitian didapaatkan hasil rata-rata pekerjaan perhari dapat memasang 43,62 m2 bata ringan.

 


Apakah bata ringan itu berbeda dengan hebel?

Seiring perkembangannya, pada pertengahan tahun 1920-an bata ringan pertama kali disempurnakan di Swedia oleh Dr. Johan Axel Eriksson, seorang arsitek dan inventor, bekerjasama dengan Profesor Henrik Kreüger dari KTH Institut Teknologi Kerajaan Swedia. Hebel adalah merk dagang dari bata ringan yang diproduksi oleh Josef Hebel di Jerman pada 1943 yang akhirnya menjadi salah kaprah karena penyebutan bata ringan sebagai bata hebel.

Hebel block baru mulai ramai dipergunakan di Indonesia sebagai struktur bangunan konstruksi pada 1995. Harga yang masih cukup tinggi dan ketersediaan yang terbatas menyebabkan bata ringan kurang diminati masyarakat pada masa-masa itu.

Bahan baku bata ringan sendiri terbuat dari beton ringan jenis AAC (Autoclaved Aerated concrete), yang merupakan perpaduan dari pasir silica, semen, alumunium pasta dan bahan lainnya. Proses produksi bata ringan menerapkan teknologi yang mengacu pada standar DIN dari Jerman, sehingga produk hebel block yang dihasilkan memiliki standar kualitas yang baik dan berkualitas.

Keunggulan/Manfaat Penggunaan Bata Ringan

Bata ini menjadi salah satu struktur bangunan yang digemari oleh para kontraktor dan mulai banyak digunakan untuk proyek perumahan. Anda juga berminat menggunakan bahan material bangunan ini? Sebelum itu, kenali dulu kelebihan dan kekurangannya. Sekarang mari kita bahas beberapa keunggulan/manfaat dari bata ringan dibandingkan dengan bata merah:

  • Lebih kuat dan ringan. Sesuai dengan namanya, jenis beton pracetak yang satu ini memiliki bobot yang lebih enteng dan kekuatan yang lebih baik sehingga tidak membebani struktur. Struktur beton ringan jenis AAC ini menyebabkan bangunan yang dihasilkan lebih tahan dari guncangan akibat gempa bumi. Kalau memakai bata biasa, akan lebih sulit untuk melakukan penambahan lantai atau meningkat rumah, karena dikhawatirkan struktur tidak kuat. 
  • Transportasi material beton ringan lebih cepat. Karena bobotnya yang enteng, transportasi dan pengangkutan jadi lebih mudah.
  • Lebih presisi dan seragam baik ukuran maupun bentuknya. Bata ringan tidak dibentuk dengan dicetak satu persatu seperti bata merah ataupun batako. Bata ringan dipotong dengan menggunakan mesin potong khusus sehingga ukuran dan bentuknya presisi.
  • Pemasangan lebih cepat. Karena presisi, maka pemasangan bisa dengan menggunakan mortar atau perekat instan sehingga pengerjaan lebih mudah dan lebih cepat, sehingga biaya jadi lebih efisien. 
  • Lebih rapi dan bersih. Berbeda dengan pengerjaan pasangan batu bata merah biasa yang membutuhkan campuran mortar dari pasir dan semen, hebel block hanya membutuhkan semen instan yang dicampur sedikit air. Hasilnya, pemasangan bata ringan membuat hasil akhir dinding lebih bersih dan praktis permukaannya, terhindar dari noda pasir yang berceceran.
  • Tidak perlu plesteran/tidak perlu plesteran yang tebal. Bentuk bata ringan memiliki karekteristik yang sangat halus. Karenanya, tampilan bata ringan yang sudah terpasang dengan sendirinya akan terlihat lebih rapi nyaris tidak dibutuhkan plasteran untuk bata ringan ini. Namun sebaiknya plasteran tetap dilakukan untuk menambah estetika dan melindungi material dinding dari rembesan air hujan dan cuaca buruk.
  • Pengerjaan lebih cepat. Bata ringan memiliki ukuran per satuannya yang lebih besar sehingga proses pengerjaan bangunan jadi lebih cepat dibandingkan menggunakan bata merah yang ukurannya lebih kecil. Dengan ukuran yang lebih besar, yaitu berdimensi 60 cm x 20 cm. Tebalnya bervariasi, mulai 7,5 cm sampai 15 cm.
  • Lebih sulit untuk terbakar. Beton ringan AAC termasuk jenis campuran beton yang tahan terhadap suhu tinggi, sehingga bata ringan menjadi tahan api. Bangunan yang dihasilkan pun menjadi lebih sulit untuk terbakar jika terjadi bencana kebakaran. Otomatis, area yang terbakar akan terbatas dan tidak meluas ke seluruh rumah atau bangunan.
  • Lebih kedap suara dan tahan air. Karena adanya rongga-rongga udara di dalam material bata ringan membuat jenis beton pracetak ini lebih kedap suara. Bata yang dibuat di pabrik ini juga diklaim lebih kedap air, sehingga rumah akan lebih tahan terhadap cuaca hujan yang lembab.

Lalu, apa saja kekurangannya?

Kekurangan Bata Ringan

  • Harga lebih mahal. Dengan segala kualitas dan keunggulannya, bata ringan dipatok dengan harga yang lebih mahal daripada bata merah konvensional.
  • Membutuhkan tukang yang berpengalaman. Pemasangan bata hebel berbeda dari pengerjaan pasangan bata biasa. Roskam yang dipakai adalah roskam bergigi. Karenanya, dibutuhkan tukang yang lebih ahli dan telah berpengalaman dalam memasang bata ringan. Sebaiknya Anda teliti lebih dahulu apakah pemborong yang dipakai sudah berpengalaman dalam memasang bata hebel ini.
  • Hanya dijual di toko/distributor besar. Sayangnya, sampai saat ini bata ringan hanya bisa dijumpai di department storebahan bangunan atau toko distributor besar saja. Kontraktor atau pemborong yang biasa memesan batu bata di penjual biasa harus beralih ke toko besar.
  • Membutuhkan perekat khusus yang lebih mahal. Untuk memasang bata ringan dibutuhkan perekat yang berbeda, yaitu mortar atau semen instan khusus. Harganya tentu saja lebih mahal bila dibandingkan dengan mortar biasa campuran semen dan pasir.
  • Proses pengeringan lebih lama. Kalau bata ringan ini sampai terlalu basah akibat hujan, maka proses pengeringan hebel blockyang sudah terpasang butuh waktu yang lebih lama.

 

Cara Pemasangan Dinding Bata Ringan


Seperti halnya bata merah dan batako, struktur material dinding menggunakan bata ringan juga membutuhkan bahan-bahan lainnya seperti perekat, plesteran, serta acian. Pengerjaan finishing tersebut akan membuat bata ringan lebih awet sehingga bangunan Anda tetap tampil prima dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: Merek Bata Ringan yang Bagus dan Berkualitas



Untuk memberikan hasil yang optimal serta penggunaan bahan yang efisien, maka diperlukan langkah-langkah pemasangan bata ringan secara tepat dan benar. Dengan langkah dan jumlah material yang tepat, Anda dapat membuat konstruksi dinding bata ringan yang lebih kuat, rapi, awet, serta tidak boros bahan.

  • Jika material bahan berupa bata ringan, semen instan, serta air sudah siap, maka yang pertama kali dikerjakan adalah menentukan arah kerataan dinding dengan menggunakan benang.
  • Rendam bata ringan dalam air untuk mencegah pengerasan semen terlalu cepat. Bata ringan cukup direndam beberapa saat saja.
  • Buat pasta untuk perekat bata ringan dari campuran air dengan semen instan. Rasio campuran adalah 9,5-10,5 liter air untuk 40 kg semen instan. Gunakan air bersih agar daya rekat semen instan dapat maksimal.
  • Siapkan perekat dengan ketebalan 3 mm pada tiang kolom serta 10-20 mm untuk bagian alas bata ringan. Pasang mulai dari sudut dinding. Gunakan palu untuk meratakan pemasangan dengan cara mengetok-ngetok bata ringan.
  • Gunakan perekat setebal 3 mm antar pasangan bata. Pastikan pasangan bata terpasang dengan rapi dan rata. Gunakan waterpass untuk memastikan kerataan pasangan bata.

Langkah finishing terakhir setalah membiarkan bata selama 24 jam agar mengering sempurna sebelum siap untuk diplester adalah sebagai berikut.

 


  • Plesteran Bata Ringan

Setelah menyelesaikan pemasangan bata ringan, berikutnya dinding bata ringan diberikan plester. Fungsi dari plester adalah untuk menutup pasangan bata tadi. Dengan diplester, dinding akan menjadi rata dan lebih kokoh.

Sebelum diplester, dinding bata ringan dibersihkan terlebih dahulu. Caranya bisa dengan disiram atau diperciki air secukupnya. Dengan dibasahi, plesteran juga akan terikat semakin kuat serta tidak cepat kering saat dipasang.

  • Plester dan Acian pada Dinding Bata Ringan

Selanjutnya, memasang papan pembatas bidang kerja pada tepi dinding. Lajur dipasang setiap ±1 meter dengan ketebalan sekitar 10 mm (sesuai ketebalan plesteran).

Pasta untuk plesteran dibuat dengan campuran air dan semen instan dengan rasio 6-6,5 liter air untuk 40 kg semen. Ketebalan yang disarankan adalah 10 mm.

Apabila dinding terpapar matahari, gunakan pelindung atau terpal untuk melindungi dinding dari sinar matahari agar tidak mengering terlalu cepat.

Diamkan plesteran selama 2-3 minggu ketika penyusutan telah berhenti. Apabila pengacian dilakukan ketika plesteran masih basah, akan berpotensi menimbulkan retak rambut pada dinding akibat penyusutan pada material plesteran.

  • Acian Bata Ringan

Setelah diplester, dinding bata ringan perlu diberikan lapisan acian. Acian berfungsi untuk menutupi pori-pori pada dinding dan membuat dinding terlihat lebih halus. Acian juga melindungi dinding dari lembab karena terbukanya pori-pori pada dinding.

Pasta untuk acian dibuat dengan campuran semen instan dan air dengan rasio 13,5-14,5 liter air untuk 40 kg semen instan. Ketebalan yang disarankan adalah 1–3 mm. Namun, apabila Anda ingin membuat acian dengan ketebalan 3 mm, pengacian perlu dilakukan dalam dua tahap. Pertama, dibuat acian dengan ketebalan sekitar 1-1,5 mm, kemudian dibiarkan mengering. Setelah itu, diberi lapisan acian lagi hingga mencapai ketebalan 3 mm.

Gunakan roskam untuk mengaplikasikan acian. Acian diaplikasikan dengan gerakan searah. Kemudian, acian dihaluskan dengan kuas basah dan digosok dengan kertas semen.

Demikian hal yang harus diperhatikan dalam perlakuan proses pengerjaan plesteran dan acian pada dinding bata ringan. Teknik aplikasi serta campuran material yang benar akan membuat dinding bata ringan menjadi halus, rata, serta mulus. Bangunan Anda tentu akan menjadi lebih kokoh, rapi dan menawan.

 

Samudra Mas Kalimantan

JL. PANGERAN ANTASARI KOMPLEK PERTOKOAN BARU RUKO 2-3 SAMPIT

0812-5677-3171

Tag : Bahan Bangunan, Mengasah Mata Bor, MENGGUNAKAN Las Listrik, menjaga kesehatan mata, batu ringan, sanitizer, olahraga, Makanan peningkat imun, DAYA TAHAN TUBUHra, Kesegaran Udara, Kesegaran Udara, Membuat disinfektan, Jenis Paku, Lantai Keramik , MEMILIH GENSET, cat sampit, ngaduk semen, Semen Instan, cat genteng sampit, perbaiki genteng cat bocort sampit, Membuat Kolam, Menghilangkan Noda, PERBAIKI KRAMIK, Memilih Bahan Bangunan besi sampit, semen sampit, kalteng sampit, sampit, beton sampit, kotim sampit, proyek bangunan sampit, supplier bangunan sampit, handtools sampit, hardware sampit, galvalum sampit, baja ringan sampit, rangka atap sampit, safety sampit, rumah idaman sampit, wiremesh sampit, kabel listrik sampit, besi beton sampit, tandon air sampit, karpet sampit, karpet sampit, karpet sampit, lem fox sampit, karpet sampit, alat listrik sampit, keramik sampit, dll.


  • Besi Beton Berkualitas harga terjangkau di Sampit
  • Tips Membangun Rumah Idaman
  • Material Dan Bahan Bangunan Terlengkap di Sampit
  • Tips Memilih Semen Berkualitas
  • Tips Memilih Tandon Air yang baik
  • Tips Memilih Cat Berkualitas
  • Tips Memilih Wiremesh Berkualitas
  • Tips Memilih Kabel Listrik Berkualitas
  • Tips Memilih Keramik Yang Bagus
  • Tips Memilih Rangka Atap Berkualitas
  • Tips Memilih Baja Ringan Berkualitas
  • Besi Beton Sampit
  • Bahan bangunan Sampit
  • Toko Bangunan Sampit
  • Tips memilih Bata Ringan Berkualitas Sampit
  • Tips Memilih Baja Ringan Berkualitas Sampit
  • Tips Memilih Triplek Berkualitas Sampit
  • Supplier Sampit
  • Supplier Kotim
  • Supplier Kalteng
  • Armada Sampit
  • Atap Genteng Ekonomis Sampit
  • Tips Cara merawat karpet sampit
  • Karpet Sampit
  • kegunaan lem fox sampit
  • Alat Listrik Sampit
  • Gerobak Sorong Artco
  • Promo Besi
  • paku biasa sampit
  • Besi H-Beam Sampit Terjangkau dan Berkualitas
  • Cara Memilih Bata Ringan Berkualitas
  • Jenis Jenis Paku dan Fungsi nya
  • Mencari bata ringan yang berkualitas dan ekonomis?
  • CARA MEMILIH TANDON AIR YANG TEPAT
  • Besi Beton berkualitas sampit
  • JENIS-JENIS SEKRUP UNTUK MEMASANG ATAP BAJA RINGAN
  • Tips Memilih Semen Berkualitas
  • CARA MRMILIH BESI BETON BERKUALITAS
  • Tips Memilih Rangka Atap Rumah Yang Tepat
  • TIPS MEMILIH GENTENG TAHAN LAMA DI SAMPIT
  • 2020, Saatnya Peduli Lingkungan! Kelebihan Atap PV
  • “CARA MEMILIH BESI BETON DENGAN KUALITAS TERBAIK
  • KAIN MAJUN SAMPIT
  • KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PINTU PVC
  • Musim Hujan di Sampit Bikin khawatir? Saatnya Pasa
  • KENAPA HARUS BATA RINGAN?
  • PIPA PVC PILIHAN, SAMPIT
  • Tips Mengetahui Semen Asli dan Palsu-Sampit
  • JENIS SEMEN TERBAIK
  • TIPS BELANJA MATERIAL ONLINE-SAMPIT
  • Kelebihan Dan Kekurangan Memakai Dinding Kalsiboa
  • TERPAL PLASTIK SAMUDRA MAS KALIMANTAN
  • Tips memilih besi beton
  • JENIS DAN FUNGSI KABEL LISTRIK-SAMPIT
  • Perbedaan Triplek, Papan Gypsum Dan Kalsiboard Un
  • Kelebihan dan Kekurangan Pintu PVC-Sampit
  • Kelebihan dan Kekurangan Atap Baja Ringan-Sampit
  • Mengenal Kegunaan Besi Siku-Sampit
  • Ketahui fungsi kanal untuk kebutuhan konstruksi-Sa
  • KEUNGGULAN TRIPLEK MELAMIN
  • LAMPU HEMAT ENERGI-SAMPIT
  • KAWAT HARMONIKA
  • Besi Beton Samudra Mas Kalimantan
  • Atap atau seng Galvalum Sampit
  • Terpal Berkualitas Sampit
  • Paku Biasa Sampit PT. Samudra Mas Kalimantan
  • BESI WF PT. SAMUDRA MAS KALIMANTAN
  • BESI H BEAM PT SAMUDRA MAS KALIMANTAN
  • BESI H BEAM PT SAMUDRA MAS KALIMANTAN
  • Pipa Galvalum Sampit PT. Samudra Mas Kalimantan
  • Papan KalsiBoard Ling PT. Samudra Mas Kalimantan
  • Besi Beton Berkualitas Sampit
  • BATA RINGAN SAMPIT
  • BATA RINGAN SAMPIT
  • KAWAT BENDRAT BERKUALITAS SAMPIT
  • Kawat Duri Sampit
  • kawat harmonika sampit
  • Terpal Samudra Mas Kalimantan
  • BANGUN PROYEK, GUNAKAN BAJA BERSTANDAR SNI!
  • Jenis Triplek Terbaik 2020-Sampit
  • ALASAN KENAPA HARUS MEMAKAI ATAP ONDULINE-SAMPIT
  • TIPS MEMILIH BESI BETON KUALITAS TERBAIK
  • MARI MENGENAL KEGUNAAN KAWAT BANGUNAN
  • Jenis-Jenis Timbangan dan Fungsinya
  • TIPS KAMAR MANDI MINIMALIS TERLIHAT LUAS DAN NYAMA
  • 7+ BAHAN BANGUNAN YANG PALING SERING DIGUNAKAN DAL
  • Terpaksa Belanja di Tengah Pandemi, Ini Tipsnya!!
  • Mengenal Jenis Baut dan Fungsinya
  • Pasang Atap Masa Kini, Gunakan Rangka Atap Baja Ri
  • Mengenal Fungsi Talang Karet
  • Mengenal Fungsi Aluminium Foil untuk Atap Rumah
  • Jenis-jenis Pipa dan Fungsinya
  • BANGUN PROYEK, GUNAKAN BAJA BERSTANDAR SNI!
  • JENIS NOK GENTENG
  • CARA MENYIMPAN BAHAN BANGUNAN AGAR TAHAN LAMA
  • Jangan Anggap Sepele, Berikut Tips Rawat Atap agar
  • HEMAT LISTRIK DAN ELEGAN, IKUTI TIPS MEMILIH LAMPU
  • Tips Rawat Instalasi Listrik By PT. Samudra Mas Ka
  • Tips memperbaiki Bak Mandi Bocor
  • Closed Duduk dan Closed Jongkok, Mana yang lebih s
  • Jangan Anggap Sepele, Berikut Tips Rawat Atap agar
  • Rumah Bebas Banjir dan Aman Saat Hujan Mengguyur d
  • Manfaat Soda Api – Toko Bangunan Sampit
  • Hal yang perlu dilakukan Untuk Mengatasi Saluran
  • Cara Mengatasi Atap Rumah Bocor Saat Kota Sampit d
  • Merawat Berbagai Jenis Keramik Tetap Awet - Toko B
  • Lebih Irit dan Awet Ini 5 Cara Merawat Dinding Rum
  • Merawat Besi Bebas Karat Sampit
  • Besi berkarat? Bye-Bye Karat- Sampit
  • Mengenal dan Memilih Jenis Pipa PVC Sampit
  • Mengenal Bentuk dan Jenis Atap Rumah Sampit
  • Penting! Cegah Banjir, Bersihkan Saluran Air! Samp
  • Mengenal Jenis Cat Sampit
  • Tetap Sehat, dikala Hujan dan Pandemi Covid-19
  • Kabel Listrik Awet Aman Sampit
  • Material Bangunan Modern Sampit
  • Memilih, Mengenal Semen Sampit
  • Merawat Jas Hujan Awet Sampit
  • Menghilangkan Jamur dari Jas Hujan Sampit
  • Memilih Closet Kamar Mandi Sampit
  • Memilih Keramik Dinding Dapur Sampit
  • Mengenal Jenis Kayu Untuk Furniture Sampit
  • Merawat Furnitur Kayu Awet Sampit
  • Memadukan Warna Cat Rumah Minimalis Sampit
  • Jenis Batu Alam untuk Dinding Sampit
  • Rangka Atap Baja Ringan Vs Kayu Sampit
  • Memilih Baja Ringan Sampit
  • Mengatasi Septic Tank Penuh Sampit
  • Apa itu besi wiremesh? Besi Sampit
  • BAHAN BANGUNAN TAHAN API Sampit
  • Material Bangunan Tahan Gempa Sampit
  • Kusen Kayu atau Aluminium? Sampit
  • Mengenal Fungsi Engsel dan Jenis Engsel Sampit
  • Usir Noda Membandel pada Kloset Sampit
  • Mengenal Jenis Paku Sampit
  • Cara Mengatasi Lantai Bocor Sampit
  • Jenis Alat Pelindung Diri K3 Sampit
  • Kawat Bangunan Sampit
  • Expanded Metal Sampit
  • Jenis Sealant dan Fungsinya Sampit
  • Mengenal Jenis Resin, Fungsi dan Kegunaannya Sampi
  • Serba-serbi Seng Galvalum Sampit
  • JENIS LAMPU SAMPIT
  • Mengenal Hand Tools Sampit
  • Mengenal Kunci (Wrench) Sampit
  • Kunci Socket (Shocket Wrench) Sampit
  • Obeng (Screwdriver) Sampit
  • Tang (Plier) Sampit
  • Palu (Hammer) Sampit
  • Jenis Batu Grinda Sampit
  • Jenis Kuas Sampit
  • Mengenal Grease Dan Penggunaannya Sampit
  • Mengenal Kompresor Sampit
  • Kegunaan Kawat Bendrat Sampit
  • Mengenal Talang Air Sampit
  • Mengenal Kabel Listrik Sampit
  • Serba-Serbi Penangkal Petir Sampit
  • Mengatasi Septic Tank Penuh Di Sampit
  • CEGAH BANJIR,BERSIHKAN SALURAN AIR SAMPIT
  • Perbedaan Machine Bolt dan Stud Bolt Sampit
  • 5 Manfaat Soda Api untuk Urusan Rumah Tangga Sampi
  • Mengenal Kunci di Sampit
  • serba serbi galvalum sampit
  • 4 Jenis Selang Air Berdasarkan Bahan & Fungsinya D
  • Apa Manfaat Memasang Tangki Air di Rumah Sampit
  • Perbedaan Besi WF Dan H BEAM
  • Mengenal Pengertian Plumbing atau Pemipaan Sampit
  • Kelebihan dan Kekurangan Atap Rumah Galvalum SAMPI
  • Kelebihan dan kekurangan Kloset Jongkok dan kloset
  • 6 Jenis Keran Air Sampit
  • Lebih hemat pakai shower atau gayung Sampit
  • 9 Jenis Bahan Bangunan yang Digunakan dalam Konstr
  • 6 Alasan Kamu Harus Pakai Atap Galvalum di Rumah S
  • . Pengertian Sistem Plumbing Kotim
  • CARA MENGATASI ATAP REMBES KOTIM
  • Jenis jenis Lampu yang tepat untuk setiap ruangan
  • Kelebihan dan Kekurangan Material Kalsiboard untuk
  • 8 Bentuk dan Jenis Atap Rumah yang Bisa Dipilih se
  • Cara Memasang Fisher Atau Angkur Dinding di Tembok
  • FUNGSI SEAL TAPE DI PABRIK INDUSTRI KALTENG
  • Fungsi Kunci Ring dan Cara Penggunaan Seruyan
  • Mengenal jenis dan fungsi Palu Seruyan
  • Kelebihan dan Kekurangan Genteng Metal Pasir Untuk
  • Kesalahan yang sering terjadi dalam Pengerjaan Sem
  • 7 Jenis Kayu Terbaik Konstruksi Rumah Kalimantan
  • Kegunaan dan keunggulan kawat harmonika Kalimantan
  • Perbedaan antara kawat baja dan besi kawat Kalteng
  • Cara Membersihkan Perkakas yang Berkarat Kalteng
  • 7 Macam dan Fungsi Engsel pintu Kalimantan
  • Persiapan penting dalam Mngecat Plafon rumah Kalim
  • 7 Cara Memasang Lampu Downlight dalam Ruangan Kalimantan
  • Tips Memilih Warna Cat Kayu
  • 5 Rekomendasi Warna Cat Kamar Tidur Kalimantan
  • Mengenal Atap Fiber Kalimantan
  • Cara menghilangkan jamur tembok kalimantan
  • FUNGSI KRAN PELAMPUNG KALIMANTAN
  • Cara Membersihkan Noda Keramik Super Ampuh Kaliman
  • Ukuran dan Kegunaan Selang Spiral Kalimantan
  • Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Jenis Atap Seng
  • CARA MERAWAT MESIN BOR KALTENG
  • CARA MERAWAT MESIN BOR KALTENG
  • CARA MENGGUNAKAN MESIN AMPLAS KALTENG
  • Mengetahui Jenis dan Fungsi Gergaji Mesin dan Gerinda kalimantan
  • Langkah Jitu Mengatasi Dinding Rembes Sampit
  • 5 Cara Memilih Keramik Sesuai Kebutuhan dan Fungsi
  • Cara Menggunakan Mesin Jahit Karung Kalteng
  • Perbedaan Mesin Gergaji Jigsaw dan Circularsaw Kalimantan
  • Perawatan Yang Benar untuk Pompa Air Kalteng
  • Perawatan Yang Benar untuk Pompa Air Kalteng
  • Mengoperasikan Mesin Ketam Sampit
  • Tips Cara Menghaluskan Permukaan Kayu Menggunakan Amplas Kalteng
  • 5 Langkah Mengasah Pisau Yang Benar dengan Batu Asah Kalimantan
  • 8 Cara Mencampur Cat Tembok dengan Air
  • CARA MEMPERBAIKI KERAMIK YANG BOLONG
  • 5 Poin yang Sangat Penting Saat Memilih Bahan Bangunan untuk Rumah Kotim
  • Tips Mengatasi Genteng Bocor Sendiri dengan Mudah
  • Hemat Biaya, Ikuti Panduan Cara Membuat Kolam Renang Rumah yang Benar
  • 7 Tips Ampuh Cara Menghilangkan Noda Di Tembok Membandel
  • Cara Mengecat Tembok Lama dengan Berbagai Kondisi, Cocok untuk Pemula
  • Ketahui 6 Jenis Cat Genteng, Pilih yang Tepat untuk Hunian!
  • Masalah Genteng Bocor, Atasi dengan Tips Ini
  • Ini Tips Agar Cat di Dinding Awet
  • 10 Cara Perawatan Genset dengan Aman
  • Tata Cara Mengaduk Semen Manual Pakai Tangan Sesuai Takaran (Sampit)
  • Semen Instan atau Mortar, Semen Biasa yang Mudah Digunakan Sampit
  • Jenis – Jenis Mata Bor Dan Fungsinya (Sampit)
  • TIPS MEMILIH GENSET YANG PAS DAN SESUAI DENGAN KONDISI KEBUTUHAN LISTRIK (sampit)
  • 10 Jenis Genteng Rumah Untuk Berbagai Kebutuhan (Sampit). Pilih Yang Mana?
  • Menambal Pipa PVC yang Bocor Dapat Dilakukan Sendiri
  • Cara Memasang Lantai Keramik Mudah dan Cepat
  • 17 Jenis Paku, Harga Terbaru, & Fungsinya Untuk Bangunan Rumah. Jangan Sampai Salah Pilih!
  • Cara Memasang Plafon Kalsiboard Yang Betul (Sampit)
  • Grc Board Untuk Dinding Luar (Sampit)
  • 8 Cara Menjaga Kualitas dan Kesegaran Udara di Dalam Kamar (Kotim)
  • Cara Membuat Disinfektan Sendiri Rekomendasi WHO, Mudah Dilakukan (kalteng)
  • 10 Cara Ini Ternyata Ampuh Meningkatkan Daya Tahan Tubuh (KOTIM)
  • 3 Cara Mengasah Mata Bor Besi (KALTENG)
  • 7 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Imun Tubuh untuk Lawan COVID-19 (SAMPIT)
  • Olahraga Meningkatkan Kebugaran dan Kekebalan Tubuh di masa New Normal Life (KALTENG)
  • Cara Mudah Buat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah (kalteng)
  • Cara Mudah Menggunakan Dan Merawat Mesin Las Listrik (SAMPIT)
  • BATA RINGAN = Definisi, Keunggulan, Harga, dan Cara Pemasangan (sampit)
  • 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata (Kalteng)
  • Jenis-Jenis Genset Berdasarkan Cara Kerjanya (SAMPIT)
  • Kenali 10 Jenis Kabel Listrik Beserta Kegunaannya yang Paling Umum Digunakan (KOTIM)
  • Bata Merah, Batako Press, dan Bata Ringan, Apa Bedanya? (SAMPIT)
  • Jenis-Jenis Pompa Air (kalteng)
  • Ini 5 Cara Membersihkan Udara Dalam Ruangan Agar Tetap Bersih di Masa Pandemi Covid-19(SAMPIT)
  • Ketahui Jenis-Jenis Kunci Pintu yang Dijamin Aman (KALTENG)
  • Jenis Stop Kontak Berdasarkan Fungsionalnya (sampit)
  • TAHAP MEMBUAT SETRUM IKAN(kalteng)
  • Perbedaan Semen Putih Dengan Semen Biasa (SAMPIT)
  • 12 Jenis Pipa Air, Kegunaan, Cara Pemasangan (kalteng)
  • Galvanis atau Galvalum, 2 Istilah pada Baja Ringan,(sampit)
  • Mengenal 4 Rumah Betang, Rumah Adat Kalimantan Tengah
  • 7 Manfaat Kapur Yang Penting Untuk Keperluan Rumah Tangga (KALTENG)
  • Seluk Beluk Ukuran Pipa PVC (SAMPIT)
  • 10 Cara Perawatan Genset dengan Aman (sampit)
  • Mengenal Jenis -Jenis Mesin Las (Kalteng)
  • 7 PENYEBAB LANTAI KERAMIK RETAK DAN PECAH, SERTA CARA MENGATASINYA(kalteng)
  • Lakukan 7 Cara Berikut Ketika Atap Rumah Bocor (sampit)
  • 8 Cara dan Tips Memilih Keramik Kamar Mandi Terbaik(Sampit)
  • Mengenal Beragam Jenis dan Fungsi Sekrup yang Digunakan Sehari-Hari (Kalimantan)
  • Definisi & Manfaat Besi Galvanis (sampit)
  • Mengenal Semen Putih, Keunggulan dan Kekurangannya (kotim)
  • 10 Cara Perawatan Genset dengan Aman (kotim)
  • Cara menghilangkan kerak air berkapur (sampit)
  • Perbedaan Besi Baja H Beam dan Baja WF Yang Biasa Digunakan Kontraktor (kotim)
  • 10 Jenis Kunci yang sering digunakan para pekerja bengkel (sampit)
  • 8 Jenis Besi yang Harus Diketahui Sebelum Renovasi Rumah (kotim)
  • Trik Ampuh Menghilangkan Karat Pada Besi dengan Mudah (KALTENG)
  • Cara Kerja hingga Keuntungan Lampu LED yang Wajib Kamu Tahu (kotim)
  • CARA MENCAMPURKAN SEMEN DENGAN BAHAN - BAHANNYA (KALTENG)
  • Ini Perbedaan Baja SNI dan Abal-Abal (SAMPIT)
  • Alat Listrik Wajib Ada Di Rumah Baru (KOTIM)
  • PERBANDINGAN LAMPU LED DENGAN LAMPU BIASA (KOTIM)
  • Apa yang dimaksud dengan Stop Kontak? (KALTENG)
  • 5 JENIS LAMPU YANG PERLU ANDA KETAHUI SEBELUM MENENTUKAN YANG TEPAT UNTUK RUMAH ANDA (KOTIM)
  • Jenis-Jenis Pipa PVC Yang Perlu Anda Ketahui (SAMPIT)
  • 14 Alat Yang Digunakan Untuk Instalasi listrik (kalteng)
  • Memilih Besar Watt Lampu yang Sesuai untuk Ruangan (kotim)
  • 5 Cara Menghaluskan Tembok yang Tidak Rata (kotim)
  • Kamar Tidur Panas? Tenang, Ada 7 Cara untuk Mengatasinya Tanpa AC (kotim)
  • Panduan Cara Membersihkan AC yang Benar Supaya Tidak Jadi Sarang Penyakit (sampit)
  • 9 Jenis Mesin Bor dan Fungsinya (KOTIM)
  • Kenali Perbedaan 6 Jenis Gergaji. Wajib Tahu Agar Tak Salah Saat Memotong (KALTENG)
  • Mengenal 4 Perbedaan Besi Beton Polos Dan Besi Ulir (kotim)
  • Perbedaan Pintu UPVC dan PVC (sampit)
  • Mengenal Pipa Besi Galvanis Terbaik: Fungsi, Keunggulan (sampit)
  • 10 Cara Menghilangkan Bekas Semen di Keramik yang Ampuh (kalteng)
  • Kenali 7 Jenis Pipa Air dan Kegunaannya! (kalteng)
  • Ciri – Ciri Besi Full SNI (sampit)
  • Beginilah Cara Membuat Pondasi Anti Gempa Yang Kokoh (KOTIM)
  • 3 Cara Memperbaiki Lantai Beton Yang Retak Dengan Mudah (SAMPIT)
  • Mengenal Besi Beton Dan Cara Memilih Kualitas Terbaik (kotim)
  • Mengenal Jenis Dan Fungsi Mata Gerinda (sampit)
  • Panduan Cara Membersihkan AC yang Benar Supaya Tidak Jadi Sarang Penyakit (kotim)
  • Mengenal Jenis-jenis Cangkul (kotim)
  • Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Baja Ringan atau Galvalum (kalteng)
  • Mengenal 10 Jenis Paku Bangunan yang sering dipakai (KALTENG)
  • Daftar Ukuran Atap Galvalum Kelebihan dan Kekurangan
  • 15 Alat Tukang Bangunan Modern Terlengkap dan Fungsinya
  • Perbedaan Semen Putih Dengan Semen Biasa
  • Jangan Sampai Salah Sebut, Ini Dia Perbedaan Baut dan Sekrup (sampit)
  • TATA CARA MENCABUT PAKU DARI TEMBOK
  • Mengenal Jenis dan Fungsi Batu Bata
  • Cara Menghilangkan Bekas Stiker
  • CARA MEMBERSIHKAN FILTER GENSET
  • 7 Cara Mudah Membersihkan Keramik Kamar Mandi Agar Kembali Kinclong (kotim)
  • Memperbaiki Kepala Bor Macet (KOTIM)
  • 10 Jenis-jenis Obeng dan Fungsinya (SAMPIT)
  • 8 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Mudah (kotim)
  • 8 Cara Menghilangkan Lem Korea Di Tangan Atau Area Kulit Dengan Mudah Dan Praktis
  • Jenis Penutup Atap Untuk Rangka Atap Baja Ringan (KALTENG)
  • Perbedaan Besi WF Dan H BEAM
  • Cara Menambal Dinding Bolong Akibat Paku (KOTIM)
  • Cara Plester Dinding Yang Baik Dan Benar Untuk Pemula
  • Batu Bata atau Batako (kalteng)
  • Jenis Atap Rumah Berdasarkan Materialnya.(kalteng)
  • Mengenal Fungsi MCB pada Instalasi Listrik, Berikut Pengertian dan Jenisnya
  • Pengertian Tespen (Test Pen) dan Cara Menggunakannya
  • Teknologi Konstruksi Inovatif Masa Depan
  • PERBANDINGAN LAMPU LED DENGAN LAMPU BIASA
  • Bagaimana Mengidentifikasi Perbedaan Antara Stainless Steel Dan Aluminium Alloy?
  • Kelebihan Granit dan Keramik
  • PENGELASAN DENGAN MENGGUNAKAN LAS LISTRIK BUSUR MANUAL
  • 5 Tips Memilih Lem Kayu
  • BESI BETON SNI: MEMAHAMI KUALIFIKASI BSN
  • 6 Jenis Genteng untuk Atap Baja Ringan dan Keunggulannya
  • Cara Menghilangkan Bekas Las dengan Teknik Poles
  • Jenis-jenis alat ukur listrik dan fungsinya
  • 8 Jenis Kabel Listrik
  • Jenis dan Ciri-ciri Pasir yang Bagus untuk Bangun Rumah
  • 9 Jenis Semen Dan Kegunaannya Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Membangun Rumah!
  • Tips Memperbaiki Keramik Yang Rusak
  • BAGAIMANA CARA MEMBEDAKAN BESI DAN BAJA?
  • Apa itu MCB Listrik dan MCCB
  • Jenis Besi Untuk Pagar Rumah
  • 5 Jenis Kaca Untuk Rumah
  • Perbedaan Plat Besi, Plat Kapal dan Plat Lubang
  • 4 Tahap Cara Pemasangan Atap Galvalum Kotim Kalteng
  • Cara Memasang Talang Air Yang Baik dan Benar
  • Memperbaiki Kaca yang Pecah
  • 10 Jenis Pondasi Rumah Yang Sering Digunakan Serta Fungsinya
  • 5 Cara Menyambung Kabel Listrik Sendiri di Rumah, Mudah dan Aman
  • Sejarah Besi Beton
  • Membedakan Baja Ringan Bagus dan Abal-abal.
  • Jenis dan Fungsi Sepatu Safety
  • 6 Jenis Pondasi Rumah
  • Makna dari 5 Warna Helm Proyek yang Digunakan Pekerja Konstruksi
  • 5 Model Lampu Dinding
  • 5 Jenis Triplek Beserta Kelebihan dan Kekurangan
  • Macam - Macam Konstruksi Tali Yang Digunakan Pada Usaha Penangkapan Ikan
  • Perbedaan lampu LED dan Lampu Biasa
  • Cara Mengasah Mata Bor
  • CARA MEMBERSIHKAN JAMUR PADA KAMAR MANDI
  • Tips Membuat Cat Dinding Anti noda
  • 5 Penyebab Korsleting Listrik Rumah Dan Cara Mengatasinya Yang Paling Aman.
  • Penggunaan perekat keramik
  • Mengenal Jenis-Jenis Baut dan Mur
  • 5 Keuntungan Membangun Rumah dengan Bata Ringan
  • 3 Cara Menambal Lantai Keramik Yang Pecah Tanpa Bantuan Tukang
  • Terbukti Ampuh! 4 Cara Menghilangkan Bekas Lem Stiker
  • 6 Cara Memperbaiki Lampu LED Rumah yang Rusak dan Mati Total
  • 8 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Mudah, Hanya Pakai Bahan Rumahan!
  • 5 Cara Memperbaiki Atap Bocor Secara Permanen.
  • CARA MEMBERSIHKAN FILTER GENSET
  • Jenis Mata Bor Dan Fungsinya
  • 8 Cara Menghilangkan Lem Korea Di Tangan Atau Area Kulit
  • Awas Kebakaran, 7 Cara Mencegah Korsleting Listrik di Rumah!
  • Mengenal Jenis-Jenis Welding (Pengelasan)
  • 10 Cara Membersihkan Cermin yang Buram, Mudah dan Efektif
  • 8 Jenis Kunci Pintu Yang Terbaik Untuk Rumah Baru.
  • Standar Ukuran Pintu Rumah Dua Pintu Dan Satu Pintu Ideal
  • Semen Putih – Cek Perbedaan, Keunggulan, Kekurangan, Kegunaannya
  • Inilah Cara Plamir Tembok
  • Membahas Perbedaan Atap Asbes Dan Genteng.
  • 11 Cara Mengusir Lintah Dengan Cepat Dan Mudah! Ampuh 100%
  • MEMASANG STOP KONTAK
  • Ukuran Garasi 2 Mobil Dan Siasat Penyimpanan Di Lahan Terbatas. Mobil Aman Terlindungi!
  • Tiga Cara Memperbaiki Keramik Lantai
  • Kenali Komponen Mesin Penghancur Batu dan Cara Kerjanya
  • Cara Perbaiki Bel Rumah Mati Atau Rusak
  • Cara Merawat Toren Air Supaya Awet Dan Tidak Berlumut.
  • Keunggulan Batu Belah dan Jenis-Jenisnya Sebagai Bahan Konstruksi
  • Mengenal Jenis Jenis Pasir Untuk Bahan Konstruksi Yang Ada Di Indonesia.
  • 20 Material Bangunan Penting Yang Digunakan Dalam Konstruksi Rumah Modern
  • Mengantisipasi Rumah Lembab Yang Paling Efektif
  • 7 Material Bahan Bangunan Yang Ramah Lingkungan
  • Cara Mencuci Bantal Dacron Menggunakan Tangan Dan Mesin Cuci
  • 5 Cara Menambal Asbes Bocor
  • 5 Cara Memperbaiki Pipa Wastafel Bocor Paling Praktis
  • >6 Cara Pasang Bathtub Di Kamar Mandi Minimalis Yang Benar.
  • 5 Cara Merawat Dinding Batu Alam Agar Bersih Mengilap Dan Tahan Lama
  • Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Dengan Sitrun
  • Cara Membersihkan Tirai Kamar Mandi
  • 7 Aturan Arah Kompor Menurut Feng Shui Di Dapur
  • Cara Pasang Cooker Hood Atau Pengisap Asap Dapur Dengan Mudah. Salah Dikit Bisa Berbahaya!
  • Cara Mengeringkan Baju Di Mesin Cuci. Pakaian Tak Mudah Rusak Dan Bersih Seluruhnya
  • 5 Cara Menghilangkan Karat yang Membandel dengan Bahan Alami, Mudah Digunakan
  • Cara Memasang Hebel Dengan Mortar
  • 6 Penyebab Kompresor AC Rusak Beserta Penjelasan Solusinya.
  • Cara Menambal Atap Seng Yang Bocor Dengan Styrofoam Dan Lakban Seng.
  • Warna TV LED Berubah Tidak Normal? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya!
  • 6 Pilihan Keramik Lantai Dapur Tidak Licin.
  • CARA MENAMBAL DINDING BOLONG AKIBAT PAKU, TERBENNTUR, HINGGA RETAK
  • 6 Cara Membuat Aquascape Tanpa CO2, Murah Dan Cocok Bagi Pemula!
  • Cara Memasang Otomatis Pompa Air Paling Efektif
  • Pembuatan Keramik Nusantara dengan Bahan Dasar Tanah Liat, Ketahui Tekniknya
  • 7 Cara Plamir Tembok Yang Tepat.
  • 5 Cara Memasang Genteng Metal Disertai Ukuran Jarak Reng dan Pemasangan Nok.
  • Cara Mengatasi WC Mampet Dengan Soda Api
  • 5 Poin yang Sangat Penting Saat Memilih Bahan Bangunan
  • 7 Tips Menyiasati Ruangan Sempit agar Terlihat Lebih Luas
  • 5 Cara Membuat Pewangi Pakaian Alami, Dijamin Tahan Lebih Lama Dan Aman!
  • Cara Memasang HPL Pada Furnitur Kayu
  • 6 Cara Mengatasi Debu Rumah Pinggir Jalan Yang Sederhana
  • 10 Kelebihan Dan Kekurangan Lantai Teraso.
  • Cara Membuat Deterjen Bubuk Alami Yang Aman Untuk Lingkungan.
  • 5 Cara Mengatasi Pintu Rumah Seret Dan Berderit.
  • 6 Cara Membersihkan Lantai Setelah Renovasi Dari Debu Dan Kotoran.
  • Cara Menanam Bawang Putih Di Rumah. Mudah, Murah
  • Cara Menghitung Kebutuhan Rangka Plafon Hollow.
  • 6 Cara Membersihkan Lantai Setelah Renovasi Dari Debu Dan Kotoran
  • 6 Cara Mengeringkan Sepatu Dengan Cepat Menggunakan Barang Rumahan
  • Secepat Kilat, Inilah 9 Cara Mengeringkan Baju Dalam 30 Menit. Mudah Banget!
  • 5 Cara Mengatasi Pintu Rumah Seret Dan Berderit. Jangan Ditunda, Perbaiki Segera!
  • 5 Cara Memasang Genteng Metal Disertai Ukuran Jarak Reng Dan Pemasangan Nok
  • 5 Cara Mencegah Air Hujan Dari Atap Tetangga Agar Tidak Masuk Ke Rumah.
  • Cara Membuat Lantai Granit dan Marmer Tiruan dari Beton
  • Tips Memilih Bahan Bangunan yang Berkualitas
  • 5 Cara Memasang Baja Ringan Ke Tembok Rumah Secara Kokoh
  • 10 Cara Merawat Sepatu Putih Di Rumah Agar Tidak Cepat Kotor. Jangan Tunggu Sampai Menguning!
  • Mengenal Semen Putih, Harga, Keunggulan dan Kekurangannya
  • 8 Cara Menghemat Gas Elpiji Dengan Mudah Saat Memasak. Pengeluaran Jadi Lebih Irit!
  • Cara Menghitung Kebutuhan Atap Seng Gelombang
  • Cara Memperbaiki Lantai Keramik yang Retak
  • 5 Cara Mengisi Keramik Yang Kosong Di Rumah Agar Menempel Kembali
  • 10 Cara Membersihkan Mesin Cuci Yang Benar Dan Praktis.
  • Cara Menghitung Kebutuhan Rangka Plafon Hollow.
  • Macam-Macam Palu dan Fungsinya Lengkap dalam Peralatan Bengkel
  • 11 Bahan Bangunan yang Sering Dipakai di Konstruksi
  • Rumah Bebas Banjir dan Aman Saat Musim Hujan di Sampit!
  • 5 Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Metal Dengan Tepat Dan Sesuai, Cuma Pakai Rumus Sederhana!
  • Cara Mengatasi Atap Rumah Bocor Saat Kota Sampit dilanda Hujan.
  • Manfaat Soda Api – Toko Bangunan Sampit
  • Hal yang perlu dilakukan Untuk Mengatasi Saluran Air Mampet di kota Sampit
  • Merawat Berbagai Jenis Keramik Tetap Awet - Toko Bangunan Sampit
  • Panduan Membuat Pompa Air Tanpa Listrik Di Rumah.
  • 6 Cara Menyimpan Semen Yang Baik Dan Benar. Kualitas Tetap Terjaga, Pasti Awet!
  • Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Genteng Metal Pasir
  • Lebih Irit dan Awet Ini 5 Cara Merawat Dinding Rumah – Toko Bangunan Sampit
  • Mengenal  Bentuk dan Jenis Atap Rumah Sampit
  • Penting! Cegah Banjir, Bersihkan Saluran Air! Sampit
  • cara me lem kaca
  • Tetap Sehat, dikala Hujan dan Pandemi Covid-19
  • Tips Memilih Semen
  • Merawat Jas Hujan Awet Sampit
  • 5 Peredam Panas Atap Seng Yang Ampuh. Bikin Ruangan Jadi Adem Dan Sejuk
  • 5 Peredam Panas Atap Seng Yang Ampuh. Bikin Ruangan Jadi Adem Dan Sejuk
  • 7 Jenis Kayu Terbaik Konstruksi Rumah Kalimantan
  • 7 Macam dan Fungsi Engsel pintu Kalimantan
  • 9 Jenis Bahan Bangunan yang Digunakan dalam Konstruksi Sampit
  • 10 Cara Ini Ternyata Ampuh Meningkatkan Daya Tahan Tubuh (kotim)
  • Cara Memilih Triplek yang Bagus
  • Dekorasi Kamar Kos Sederhana Seperti di Drama Korea
  • Tips Memilih Semen
  • Menghilangkan Jamur dari Jas Hujan Sampit
  • Kusen Kayu atau Aluminium? Sampit
  • Mengenal Fungsi Engsel dan Jenis Engsel Sampit
  • Jenis Kuas Sampit
  • Jenis Batu Gerinda Sampit
  • Jenis Batu Alam untuk Dinding Sampit
  • Rangka Atap Baja Ringan Vs Kayu Sampit
  • Cara Mengusir Lebah Dari Rumah Tanpa Terkena Sengatannya
  • Cara Membuat Campuran Cat Tembok Agar Tahan Lama Dan Mengilap. Mudah Dilakukan!
  • Mengenal Jenis Paku Sampit
  • Cara Mengatasi Lantai Bocor Sampit
  • Penting! Cegah Banjir, Bersihkan Saluran Air! Sampit
  • Tetap Sehat, dikala Hujan dan Pandemi Covid-19
  • Apa itu besi wiremesh? Besi Sampit
  • BAHAN BANGUNAN TAHAN API Sampit
  • Expanded Metal Sampit
  • Kawat Bangunan Sampit
  • Jenis Alat Pelindung Diri K3 Sampit
  • Kawat Bangunan Sampit
  • Obeng (Screwdriver) Sampit
  • Tang (Plier) Sampit
  • Usir Noda Membandel pada Kloset Sampit
  • Cara Mengatasi Lantai Bocor Sampit
  • Serba-serbi Seng Galvalum Sampit
  • Rangka Atap Baja Ringan Vs Kayu Sampit
  • 9 Cara Membersihkan Kloset Duduk dan Jongkok agar Bersih Saat Dipakai
  • Tips Mengatasi Septic Tank Penuh
  • 7 Cara Memasang Lampu Downlight dalam Ruangan Kalimantan
  • Mengenal Jenis Kayu Untuk Furniture Sampit
  • Merawat Furnitur Kayu Awet Sampit
  • Kabel Listrik Awet Aman Sampit
  • Memilih, Mengenal Semen Sampit
  • Mengenal Jenis Kayu Untuk Furniture Sampit
  • Merawat Furnitur Kayu Awet Sampit
  • Kawat Bangunan Sampit
  • Expanded Metal Sampit
  • Mengenal Pengertian Plumbing atau Pemipaan Sampit
  • 5 Manfaat Soda Api untuk Urusan Rumah Tangga Sampit
  • Palu (Hammer) Sampit
  • Tang (Plier) Sampit
  • 4 Jenis Selang Air Berdasarkan Bahan & Fungsinya Disertai Tips Memilih Selang Sampit
  • Perbedaan Machine Bolt dan Stud Bolt Sampit
  • Mengenal jenis dan fungsi Palu Seruyan
  • Kegunaan dan keunggulan kawat harmonika Kalimantan
  • Kelebihan dan Kekurangan Material Kalsiboard untuk Plafon Rumah Kalteng
  • Apa Manfaat Memasang Tangki Air di Rumah Sampit
  • Cara Memasang Fisher Atau Angkur Dinding di Tembok Kalteng
  • Jenis Sealant dan Fungsinya Sampit
  • Cara Membersihkan Tirai Kamar Mandi.
  • Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Dengan Sitrun
  • Kenali Komponen Mesin Penghancur Batu dan Cara Kerjanya
  • Tiga Cara Memperbaiki Keramik Lantai
  • 11 Cara Mengusir Lintah Dengan Cepat Dan Mudah! Ampuh 100%
  • Membahas Perbedaan Atap Asbes Dan Genteng.
  • Semen Putih – Cek Perbedaan, Keunggulan, Kekurangan, Kegunaannya
  • Inilah Cara Plamir Tembok
  • Standar Ukuran Pintu Rumah Dua Pintu Dan Satu Pintu Ideal
  • 8 Jenis Kunci Pintu Yang Terbaik Untuk Rumah Baru.
  • Standar Ukuran Pintu Rumah Dua Pintu Dan Satu Pintu Ideal
  • 8 Jenis Kunci Pintu Yang Terbaik Untuk Rumah Baru.
  • Mengenal Jenis-Jenis Welding (Pengelasan)
  • 10 Cara Membersihkan Cermin yang Buram, Mudah dan Efektif
  • Awas Kebakaran, 7 Cara Mencegah Korsleting Listrik di Rumah!
  • 8 Cara Menghilangkan Lem Korea Di Tangan Atau Area Kulit Dengan Mudah Dan Praktis!
  • Awas Kebakaran, 7 Cara Mencegah Korsleting Listrik di Rumah!
  • 8 Cara Menghilangkan Lem Korea Di Tangan Atau Area Kulit Dengan Mudah Dan Praktis!
  • 5 Cara Memperbaiki Atap Bocor Secara Permanen.
  • 8 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Mudah, Hanya Pakai Bahan Rumahan!
  • BESI H-BEAM ADALAH
  • Memperbaiki Kaca yang Pecah
  • Jenis dan Fungsi Sepatu Safety
  • 6 Cara Memperbaiki Lampu LED Rumah yang Rusak dan Mati Total
  • Cara Membersihkan Jamur di Kamar Mandi
  • Mengenal Jenis-Jenis Baut dan Mur
  • Apa yang dimaksud dengan Saklar dan Stop Kontak? (KALTENG)
  • Alat Listrik Wajib Ada Di Rumah Baru (kotim)
  • Cara Mencampur Adukan Semen
  • Cara Kerja hingga Keuntungan Lampu LED yang Wajib Kamu Tahu
  • Definisi & Manfaat Besi Galvanis (sampit)
  • Mengenal Beragam Jenis dan Fungsi Sekrup yang Digunakan Sehari-Hari (Kalimantan)
  • 10 Cara Perawatan Genset dengan Aman
  • Cara menghilangkan kerak air berkapur (SAMPIT)
  • 12 Jenis Pipa Air, Kegunaan, Cara PemasangaN (kalteng)
  • TAHAP MEMBUAT SETRUM IKAN(kalteng)
  • Bata Merah, Batako Press, dan Bata Ringan, Apa Bedanya?
  • Jenis-Jenis Pompa Air
  • Jenis-Jenis Genset Berdasarkan Cara Kerjanya (sampit)
  • Kenali 10 Jenis Kabel Listrik Beserta Kegunaannya yang Paling Umum Digunakan
  • 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata(kalteng)
  • Bata Ringan: Definisi, Keunggulan, Harga, dan Cara Pemasangan
  • Cara Memasang Lantai Keramik Mudah dan Cepat
  • Grc Board Untuk Dinding Luar (sampit)
  • Perbedaan Besi WF Dan H BEAM
  • Mengenal Pengertian Plumbing atau Pemipaan Sampit
  • Cara Mudah Buat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah (kalteng)
  • 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata(kalteng)
  • Cara Memasang Lantai Keramik Mudah dan Cepat
  • 17 Jenis Paku, Harga Terbaru, & Fungsinya Untuk Bangunan Rumah. Jangan Sampai Salah Pilih!
  • TAHAP MEMBUAT SETRUM IKAN(kalteng)
  • 12 Jenis Pipa Air, Kegunaan, Cara PemasangaN (kalteng)
  • Ini Tips Agar Cat di Dinding Awet
  • 10 Cara Perawatan Genset dengan Aman
  • 17 Jenis Paku, Harga Terbaru, & Fungsinya Untuk Bangunan Rumah. Jangan Sampai Salah Pilih!
  • Menambal Pipa PVC yang Bocor Dapat Dilakukan Sendiri
  • 5 Cara Membuat Pewangi Pakaian Alami, Dijamin Tahan Lebih Lama Dan Aman!
  • 6 Cara Mengatasi Debu Rumah Pinggir Jalan Yang Sederhana
  • Cara Mengasah Mata Bor
  • Cara Membersihkan Noda Keramik Super Ampuh Kalimantan
  • 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata(kalteng)
  • Bata Ringan: Definisi, Keunggulan, Harga, dan Cara Pemasangan
  • CARA MENGGUNAKAN MESIN AMPLAS kalteng
  • CARA MERAWAT MESIN BOR KALTENG
  • Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Jenis Atap Seng untuk Rumah Sampit
  • Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Jenis Atap Seng untuk Rumah Sampit
  • Tips Memilih Material Bangunan Untuk Hasil Berkualitas
  • Tips Mencari Bahan Bangunan Murah dan Berkualitas
  • 7 Material Bahan Bangunan Yang Ramah Lingkungan
  • Kabel Listrik Awet Aman Sampit
  • Memilih, Mengenal Semen Sampit
  • Tips Memilih Semen
  • Merawat Jas Hujan Awet Sampit
  • Menghilangkan Jamur dari Jas Hujan Sampit
  • Mengenal Jenis Kayu Untuk Furniture Sampit
  • Merawat Furnitur Kayu Awet Sampit
  • Memadukan Warna Cat Rumah Minimalis Sampit
  • Jenis Batu Alam untuk Dinding Sampit
  • Rangka Atap Baja Ringan Vs Kayu Sampit
  • Memilih Baja Ringan Sampit
  • Cara Mengatasi Septic Tank Penuh dengan Cuka dan Baking Soda
  • Mengatasi Septic Tank Penuh Sampit
  • BAHAN BANGUNAN TAHAN API Sampit
  • JENIS LAMPU Sampit
  • Mengenal Hand Tools Sampit
  • Tang (Plier) Sampit
  • Obeng (Screwdriver) Sampit
  • Jenis-Jenis Plat Besi Sampit
  • Plat Bordes Untuk Lantai Trailer Sampit
  • Warga Kotim Ayo Beralih ke Lampu LED Agar Hemat Listrik
  • Perbedaan Kabel NYA , NYM , dan NYY di Kalimantan Tengah
  • 7 Material Untuk Konstruksi Kalimantan Tengah
  • 5 Jenis Kayu di Samuda Kalimantan Tengah untuk Lantai
  • Kekurangan dan kelebihan pintu PVC kamar mandi Kotawaringin Timur
  • Cara Mengatasi Engsel Pintu Berbunyi Kotim
  • 5 Cara Pasang Keramik Dinding Pangkalan Bun
  • Jenis-Jenis Triplek Kotawaringin Timur
  • Begini Cara Membuat Pondasi Rumah Lebih Kuat, Kokoh & Anti-Gempa! Palangka Raya
  • 4 Cara Cerdik dan Cepat Atasi Atap Bocor Tanpa Harus Memanjat Genteng Kotawaringin Timur
  • 7 Jenis Genteng Rumah Terbaik di Kalteng
  • Perbedaan Plesteran dan Acian
  • Tips Memilih Keramik Dinding Teras untuk Rumah Palangkaraya
  • Tips Memilih Selang Air yang Tepat untuk Rumahan Kotawaringin Barat
  • Palu Bodem atau Palu Godam Sampit
  • Keunggulan dan Kelebihan Semen Mortar Pangkalan Bun
  • Cara Mengecat Dinding Dengan Benar Menggunakan Kuas Bulu Sampit
  • 5 Kelebihan Lampu Downlight Untuk Pencahayaan Ruangan Kalimantan Tengah
  • Mengenal Berbagai Jenis dan Fungsi Alat-alat Cat Tembok Kotim
  • Macam-macam Tandon Air Kotim